Pengertian Teks Prosedur secara Umum dan Menurut Para Ahli, Jenis-jenis, Struktur Penulisan, Fungsi Tujuan, Unsur-Unsur, Unsur Kebahasaan, Ciri-ciri dan Contoh Teks Prosedur Lengkap

https://www.pengertianteksprosedur.com/ - Ketika berada di bangku sekolah atau bahkan bangku kuliah, Pastinya Anda akan mendapatkan mata pelajaran atau mata kuliah yakni Bahasa Indonesia. Ya, pelajaran bahasa Indonesia sebenarnya mayoritas memili materi yang sama.

Apalagi pada saat kuliah, materi yang Anda dapatkan untuk mata kuliah bahasa Indonesia sebenarnya adalah materi yang juga pernah Anda dapatkan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia pada saat SMA.

Ada banyak materi yang disampaikan dalam bahasa Indonesia. Salah satunya adalah materi tentang jenis-jenis teks. Ya, ada banyak jenis teks dalam bahasa Indonesia yang harus Anda pelajari dan Anda ketahui perbedaannya dengan jenis teks yang lainnya.

Teks ini adalah sebuah kalimat atau paragraf yang memiliki makna dan tujuan yang berbeda-beda. Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai salah satu jenis teks dalam bahasa Indonesia yakni teks prosedur.

Mungkin beberapa dari Anda ada yang masih ingat materi ini, tapi kami yakin sebagian besar dari Anda yang sedang membaca artikel ini lupa atau masih belum paham sama sekali tentang teks prosedur.

Oleh karena itu, kami akan menjelaskan secara lengkap dan tuntas mengenai teks prosedur ini mulai dari pengertian teks prosedur baik secara umum atau menurut para ahli, jenis-jenis teks prosedur, struktur penulisan teks prosedur, tujuan dibuatnya teks prosedur, unsur kebahasaan teks prosedur, ciri-ciri teks prosedur, hingga contoh teks prosedur.

Pengertian Teks Prosedur

Anda pasti pernah melakukan pencarian di internet dengan kata kunci atau keyword “cara…, tutorial…,” dalam segala bidang. Entah itu mencari keyword tersebut dalam bidang kuliner, pekerjaan, olahraga, kecantikan, kegiatan sehari-hari, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya sadar atau tidak sadar berarti Anda sudah melakukan sebuah hal yang ada dalam bahasa Indonesia yakni yang disebut dengan prosedur. Prosedur itu sendiri memiliki arti suatu langkah untuk mencapai tujuan tertentu yakni sesuai dengan hati dan tujuan dari masing-masing orang yang sedang mencarinya.

Pengertian Teks Prosedur secara Umum dan Menurut Para Ahli

Contohnya misal Anda atau orang lain memiliki keinginan untuk mempunyai sebuah wajah yang cantik alami. Pastinya orang ini akan melakukan pencarian di mesin pencari internet dengan kata kunci “cara memutihkan wajah dengan alami”. Nah, dari hasil pencarian tersebut maka akan didapatkan berbagai macam jawaban dari permasalahan yang ia ajukan.

Nah, jawaban-jawaban tersebutlah yang dikenal dengan sebutan prosedur atau suatu langkah-langkah. Untuk lebih jelasnya mengenai pengertian teks prosedur berikut akan kami jelaskan secara lebih lengkap untuk Anda baik pengertian teks prosedur secara umum dan juga pengertian teks prosedur menurut para ahli.

Pengertian Teks Prosedur Menurut Para Ahli

Para ahli juga ikut berpartisipasi dalam memberikan pendapat mengenai pengertian teks prosedur ini. Nah, berikut ini beberapa pengertian teks prosedur menurut para ahli agar Anda lebih paham dan mengerti mengenai jenis teks yang satu ini.
  • Ismail Masya
Pengertian prosedur menurut Ismail Masya adalah suatu rangakian tugas-tugas yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya dengan urutan waktu dan tatacara tertentu untuk melaksanakan pekerjaan yang dilakukan berulang-ulang.
  • Gerald Cole
Gerald Cole berpendapat bahwa pengertian prosedur adalah suatu urutan pekerjaan yang melibatkan beberapa orang dalam suatu bagian yang disusun secara sistematis guna untuk menjamin adanya perlakuan seragam terhadap suatu transaksi perusahaan.
  • M. Ali
Menurut M. Ali, ia berpendapat bahwa prosedur merupakan suatu tatacara dalam menjalankan suatu pekerjaan yang memiliki tujaun akhir.
  • Narko
Narko berpendapat bahwa pengertian dari prosedur sendiri adalah serangkaian teknik rutin yang di ikuti dalam melaksanakan suatu wewenang fungsi dan operational.
  • Kamaeuddin
Menurut Kamaeuddin, pengertian prosedur yakni suatu susunan teratur sebuah kegiatan yang berhubungan satu dengan yang lainnya. Yang mana prosedur-prosedur yang berkaitan tersebut memiliki tujuan untuk memudahkan dalam melaksanakan kegiatan utama dari suatu organisasi.
  • Fauzi
Fauzi memberikan pendapat bahwa pengertian prosedur sendiri adalah urutan pekerjaan administrasi yang melibatkan beberapa orang dalam satu bagian yang disusun untuk menjamin adanya perlakuan yang seragam terhadap suatu transaksi perusahaan yang sering terjadi dengan tujuan tertentu.
  • Amin Widjaja
Amin Widjaja berpendapat bahwa pengertian dari prosedur adala sekumpulan bagian yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya.
  • Mulyadi
Terkahir pendapat pengertian prosedur menurut Mulyadi adalah urutan kegiatan kleriekal yang biasanya melibatkan beberapa orang dalam penanganan secara seragam terhadap transaksi perusahaan yang sering terjadi dan berulang-ulang untuk tujuan akhir yang sudah ditetapkan atau ditentukan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa dari pengertian prosedur yang sudah dijelaskan oleh para ahli diatas yakni suatu teks yang berisi informasi berupa urutan atau rentatan langka-langkah secara sisitematis yang berkaitan satu dengan yang lainnya untuk dapat hasil akhir yang sudah ditentukan.

Pengertian Teks Prosedur secara Umum

Secara umum, pengertian teks Prosedur adalah sebuah teks yang berisikan rentetan cara atau langkah-langkah untuk melakukan sesuatu dan memiliki tujuan akhir. Dengan begitu pembaca atau pencari informasi dalam menyelesaikan permasalahan yang menjadi tujuannya mencari informasi tersebut.

Pengertian teks prosedur yang lainnya adalah suatu rangkaian atau susunan yang berurutan dengan tujuan untuk menjelaskan kejadian. Teks prosedur ini memiliki keterkaitan dengan tata cara atau step by step. Step atau langkah-langkah yang dilakukan juga harus dilakukan secara beurutan dan tidak boleh didahului dengan cara-cara sebelum atau sesudahnya agar mendapatkan hasil akhir yang sesuai.

Dengan adanya teks prosedur maka Anda akan memperoleh petunjuk, tahapan ataupun penjelasan yang harus ditempuh sebelum melakukan suatu hal. Tak heran jika teks prosedur ini juga disebut dengan instruksi manual.

Teks prosedur juga dapat digunakan untuk menjelaskan bagaiamana cara melakukan aktivitas atau kegiatan tertentu yang disertai dengan peraturannya. Tidak hanya itu, teks prosedur juga dapat digunakan untuk menjelaskan soal sifat atau kebiasaan manusia pada umumya. Jadi, dengan adanya teks prosedur kita akan mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus dilakuakn sebelum melakukan sesuatu yang kita inginkan. Dengan begitu, kita tida akan ragu-ragu lagi ketika melakukannya.

Nah, bagi Anda yang masih kurang pahan pengertian teks prosedur dan mengandai-andai kira-kira seperti apa bentuk teks prosedur. Tidak perlu susah-susah untuk menumukan jenis teks yang satu ini, yang harus Anda lakukan hanya perlu mengetik pada kolom mesin pencari Internet dengan kata kunci atau keyword “cara, tips, dan tutorial”.

Nah, dengan kata kunci inilah Anda bisa menemukan berbagai macam informasi yang mungkin akan memecahkan masalah anda. Informasi inilah yang disebut dengan teks prosedur karena berbentuk tulisan tata cara atau langkah-langkah secara runtut mengenai suatu hal.

Didalam teks ini Anda akan menemukan informasi yang berisikan runtutan tulisan yang selalu berhubungan satu dan lainnya, dari awal hingga akhi. Bahkan setiap isinya berisikan penjelasan/ paparan yang sangat berguna untuk mempermudah Anda sebagai para pembaca atau pencari informasi untuk memahami isi dari teks.

Teks bahasa Indonesia yang satu ini sangat berbeda dengan teks bahasa Indonesia lainnya seperti teks eksposisi maupun teks anekdot.

Jika teks eksposisi berisikan informasi yang menjelasakan mengenai suatu hal, sedangkan teks anekdot berisikan suatu informasi mengenai kumpulan karangan-karangan cerita/ dialog lucu. Tentu sangat berbeda sekali bukan dengan jenis teks prosedur.

Jenis-jenis Teks Prosedur

Sekarang Anda sudah tahu kan apa itu teks prosedur atau pengertian teks prosedur. Ternyata teks prosedur juga dibagi lagi menjadi beberapa macam. Sama seperti jenis teks lainnya seperti  teks eksposisi, teks anekdot ataupun teks-teks lainnya yang ada dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, pastinya teks prosedur juga memiliki jenis-jenis teks prosedur.


Nah, berikut ini beberapa jenis teks prosedur yang dibagi menjadi 3 jenis yakni teks prosedur sederhana, teks prosedur kompleks dan teks prosedur protokol. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya mengenai 3 jenis teks prosedur.
  • Teks Prosedur Sederhana
Jenis teks prosedur yang pertama adalah teks prosedur sederhana. Sama dengan namanya, jenis teks prosedur yang satu ini hanya menjelaskan tentang sebuah langkah atau proses yang dapat dilakukan hanya dengan dua atau tiga langkah saja sangat simpel dan sederhana sekali.

Jadi, intinya agar Anda lebih mudah mengingatnya adalah teks prosedur yang akan dilakukan dalam informasi teks ini sangat sedikit. Contoh teks prosedur sederhan misalnya seperti prosedur atau cara menyalakan laptop dengan cepat dan mudah.
  • Teks Prosedur Kompleks
Jenis teks prosedur yang kedua adalah teks prosedur komplek. Sama halnya dengan namanya, teks prosedur komplek ini memiliki informasi langkah-langkah yang lebih banyak dan harus dilakukan. Teks prosedur satu ini memang sedikit berbeda dengan jenis teks prosedur sebelumnya karena berisikan lebih banyak langkah yang harus dilakukan.

Contoh dari teks prosedur komplek misalnya seperti cara membuat Surat Izin Mengemudi, cara install software dan lain sebagainya yang berisikan informasi yang cukup panjang, kompleks atau bahkan rumit.
  • Teks Prosedur Protokol
Jenis teks prosedur protokol adalah jenis teks terakhir yang akan kami jelaskan. Teks prosedur protokol merupakan sebuah teks yang memiliki sifat fleksibel terhadap isinya, hampir sama dengan jenis teks prosedur sederhana.

Jadi, maksud kata fleksibel disini adalah langkah-langkah yang ada dalam teks prosedur protokol harus dilakukan tidak harus sama persis dengan yang dicontohkan.

Misal contohnya seperti seharusnya bagian A dimasukkan pada urutan 3, namun kita dapat memasukkannya pada urutan ke-2. Jadi sangat fleksibel sekali. Contoh realnya dalam kehidupan sehari-hari adalah pada saat ketika kita hendak memasak Mie Instan.

Struktur Penulisan Teks Prosedur

Bagaimanakah struktur penulisan teks prosedur? Selanjutnya kita akan beralih pada pembahasan mengenai struktur yang terdapat pada sebuah teks prosedur. Sebelum Anda membuat teks prosedur, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah mengetahui struktur penulisan teks prosedur berikut ini.

Jadi, dalam teks prosedur struktur penulisannya haruslah memiliki 3 bagian penting berikut ini yakni diantaranya adalah tujuan, material, dan terakhir yaitu cara/ langkah-langkah yang semuanya merupakan informasi penting yang harus ada dalam sebuah teks agar dapat disebut dengan teks prosedur.


Nah, untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak struktur penulisan teks prosedur dengan seksama berikut ini.
  • Tujuan
Pada bagian tujuan yang ada pada teks prosedur ini biasanya berisikan topik atau judul dari sebuah pembahasan. Namun, walaupun demikian ada juga yang berisi mengenai hasil akhir yang nantinya akan didapat dari mengikuti langkah-langkah yang ada pada teks prosedur tersebut.
  • Material
Bagian berikutnya pada struktur teks prosedur adalah bagian material. Nah, pada bagian ini akan dibahas atau dijelaskan mengenai teks prosedur yang menjelaskan mengenai bahan, alat atau material apa saja yang akan dibutuhkan dalam proses yang ada di teks prosedur tersebut.. Namun satu hal yang perlu Anda ingat juga adalah bagian material ini tidak mutlak harus ada dalam setiap pembuatan teks prosedur. Bagian material ini pada umumnya hanya terdapat pada teks prosedur yang membahas perihal pembuatan sesuatu, seperti cara membuat makanan, minuman dan yang lainnya.
  • Langkah-langkah
Bagian terakhir yang harus ada dan wajib ada dalam teks prosedur adalah bagian langkah-langkah. Pada bagian ini Anda bisa membuat informasi yang berisikan urutan atau langkah-langkah yang harus kita lakukan demi terciptanya sebuah hasil maksimal atau hasil sesuai dengan apa yang menjadi tujuan kita.

Satu hal penting yang harus Anda ingat adalah pastikan Anda menyusun langkah-langkah ini secara sistematis untuk mendapatkan hasil akhir yang tepat dan sesuai.

Bagian langkah-langkah yang ada dalam teks prosedur ini adalah bagian yang sangat berpengaruh besar dalam suatu informasi teks karena menentukan hasil akhir dari suatu aktivitas atau kegiatan.

Mengapa demikian? Hal ini karena apabila kita salah atau tidak memperhatikan urutan dari langkah-langkah ini dengan benar, maka dalam sebagian hal akan berakibat fatal dan sangat menentukan hasil akhirnya sesuai yang diharapkan.

Inilah beberapa bagian struktur teks prosedur yang bisa dibilang cukup berpengaruh besar dan harus ada dalam teks prosedur.


Fungsi Tujuan Dibuatnya Teks Prosedur

Sebenarnya apakah tujuan dibuatnya teks prosedur? Mungkin pertanyaan tersebutlah yang ada dalam benak Anda. Jadi, sesuai dengan informasi yang sudah saya bahas diatas bahwa tujaun utama dibuatnya teks prosedur adalah bertujuan untuk dapat membantu atau meringankan beban seseorang untuk lebih memahami bagaimana cara melakukan ataupun membuat sesuatu sesuai dengan hasil yang sudah direncanakan.

Selain itu, fungsi teks prosedur ialah memiliki fungsi dan peranan yang sangat penting dalam membantu seseorang untuk memahami bagaimana cara melakukan suatu hal secara tepat. Dengan begitu tujuan akhir dapat tercapai secara efektif dan efisien. Teks prosedur juga memiliki fungsi untuk seseorang agar dapat memahami cara atau langkah-langkah dalam membuat sesuatu yang tepat dan benar. Fungsi ini juga dapat dikatakan sebagai tujuan teks prosedur dibuat.


Unsur-Unsur Yang Terdapat Pada Teks Prosedur

Setelah Anda mengetahui struktur teks prosedur, berikutnya akan kami jelaskan mengenai unsur yang terdapat pada teks prosedur. Nah, berikut ini beberapa unsur-unsur yang terdapat pada teks prosedur diantaranya yaitu.
  • Pada umumnya teks prosedur akan menggunakan kalimat perintah, terutama dalam menyampaikan kata larangan pada saat menyampaikan langkah-langkahnya teks prosedurnya.
  • Selain itu, teks prosedur juga menggunakan kata-kata yang menunjukan langkah-langkah aktivitas atau kegiatan yang berurutan misalnya seperti kata selanjutnya, lalu, terus, pertama, kedua, ketiga dan sebagainya.
  • Biasanya akan selalu terdapat satuan dalam teks prosedur tertentu misalnya seperti satuan berat dan panjang secara tepat. Sebagai contoh misalnya pada teks prosedur memasak, Anda akan menemukan satuan berat dan panjang secara tepat seperti kalimat garam 1 sendok teh, santan kelapa 250 ml, tepung 1 kg dan sebagainya.
  • Terdapat kalimat dengan batasan  yang sangat pasti dalam teks prosedur. Misalnya pada teks prosedur mengenai langkah-langkah memasak mulai dari rebus santan kelapa hingga mendidih.
  • Terdapat kata keterangan pada teks prosedur. contonya seperti kata secara, dengan, sampai, menggunakan, hingga dan sebagainya.
  • Tidak hanya itu, pada teks prosedur pada umumnya akan menggunakan akhiran “kan” misalnya seperti kata bersihkan, tuangkan, matikan atau bisa juga berakhiran “i” misalnya seperti olesi, ulangi, lumuri dan sebagainya.

Unsur Kebahasaan Teks Prosedur

Setelah Anda mengetahui unsur yang terdapat dalam teks prosedur, berikutnya akan kami jelaskan mengenai unsur kebahasaan  teks prosedur atau kaidah bahasa yang ada pada teks prosedur.

Unsur kebahasaan teks prosedur tentunya berbeda dengan unsur kebahasaan yag ada pada teks-teks lainnya misalnya seperti teks eksposisi, teks anekdot, teks ilustrasi, memo, teks edaran dan lainnya.


Secara umum terdapat sedikitnya 5 unsur kebahasan didalam teks prosedur ini. Lalu apa sajakah unsur tersebut? Nah, untuk lebih jelasnya langsung saja yuk kita simak unsur kebahasaan teks prosedur berikut ini.
  • Konjungsi Temporal
Anda akan menemukan banyak sekali kata konjungsi temporal atau kata penghubung yang menjelaskan mengenai waktu kegiatan yang hadir dan bersifat kronologis yang ada pada teks prosedur. Nah, konjungsi temporal itu sendiri merupakan kata hubung yang menunjukan waktu, biasanya konjungsi ini digunakansecara berurutan/ sesuai dengan kronologis dalam suatu kalimat.

Contoh dari konjungsi temporal yang biasanya ada dalam teks prosedur adalah kata selanjutnya, berikutnya, kemudian, lalu, setelahnya, dan lainnya.
  • Kata Kerja Imperatif
Selain konjungsi temporal, Anda juga akan menemukan banyak kata kerja imperative dalam suatu teks prosedur. Kata kerja imperatif atau kalimat perintah dan larangan ini harus diataati dalam pelaksanaan teks prosedur.

Nah, Kata kerja imperatif atau yang nyaman kita sebut dengan kata kerja perintah adalah sebuah kata yang harus diikuti dalam rentetan urutan dari teks prosedur. Namun, walaupun demikian ada juga beberapa contoh teks prosedur yang didalamnya kita tidak diharuskan mengikuti secara penuh (100%) seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.
  • Verba Material
Unsur kebahasaan teks prosedur yang selanjutnya adalah verba material. Jadi, verba material yang ada di teks prosedur itu sendiri merupakan sebuah perintah yang mengarah pada perbuatan fisiknya.

Contohnya misal seperti perintah untuk memasukkan beberapa komposisi masakan pada teks prosedur misalnya seperti memotong wortel, menggeprek jahe/ lengkuas, menuangkan air, masukkan minyak goreng dan masih banyak lagi yang lainnya.
  • Verba Tingkah Laku
Verba yang lainnya ada dalam teks prosedur adalah verba tingkah laku. Verba yang satu ini hampir sama dengan unsur verba yang lainnya.  Namun, perbedaanya verba tingkah laku ini memiliki kecenderungan pada sebuah tindakan yang menggunakan ungkapan dalam sebuah teks prosedur.
  • Partisipan Manusia
Unsur kebahasaan teks prosedur yang berikutnya adalah partisipan manusia. Partisipan manusia sendiri adalah unsur teks prosedur yang artinya setiap manusia yang memiliki andil atau keikut sertaan dalam teks prosedur ini.
  • Bilangan Penanda
Unsur kebahasaan yang juga ada dalam teks prosedur adalah adanya bilangan penanda. Maksud dari bilangan penanda yang ada dalam teks prosedur adalah sebuah nomor atau tanda yang mengarahkan urutan pengerjaan sesuai dengan instruksi pembuat atau pemandunya.

Pada umumnya bilangan penanda ini berada di bagian langkah-langkah pada teks prosedur. Contoh bilangan penanda yang biasa digunakan misalnya seperti dalam bentuk angka (1, 2, 3, 4, dan seterusnya) atau dalam bentuk abjad (a, b, c, d, e, …..)
  • Kalimat Introgatif
Kalimat introgatif juga merupakan unsur kebahasaan yang ada dalam teks prosedur. Kalimat introgatif adalah sebuah kalimat yang didalamnya berisikan kalimat-kalimat tanya misalnya sudah atau belum?

Apakah Anda sudah mengerti? sudah paham kan langkah-langkahnya? Namun pada umumnya jenis kalimat ini hanya akan  digunakan dalam acara-acara yang bersifat siaran langsung (live) seperti di TV, video IG, atau youtube.
  • •Kalimat Deklaratif
Jenis kalimat berikutnya yang ada dalam teks prosedur adalah kalimat deklaratif. Kalimat deklaratif yang ada dalam teks prosedur ini biasanya akan berisikan pernyataan-pernyataan yang disajikan oleh pembuat teks kepada pencari informasi, tentang apa saja yang harus diketahuinya.


Ciri-Ciri Teks Prosedur

Setiap teks yang ada di mata pelajaran bahasa Indonesia, pasti memiliki ciri atau karakteristik yang membedakannya. Begitu juga dengan teks prosedur. Sebenarnya ada banyak ciri khusus yang dimiliki teks prosedur sehingga Anda dapat membedakannya dengan jenis teks bahasa Indonesia yang lainnya.

Namun, kami akan mencantumkan beberapa ciri-ciri teks prosedur berikut ini. Langsung saja mari kita simak ciri teks prosedur berikut ini antara lain adalah.
  • Terkandung Tujuan, Langkah dan Penutup
    Teks prosedur didalamnya akan terkandung informasi mengenai tujuan, langkah-langkah serta penutup.
  • Menggunakan kalimat imperative
    Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa unsur kebahasaan teks prosedur sendiri adalah adanya kalimat imperative.
  • Menggunakan kalimat penghubung
    Teks prosedur biasanya akan memiliki kalimat penghubung didalamnya misalnya seperti lalu, kemudian, setelah itu, dan lain sebagainya.
  • Memilih kalimat langsung dan tidak langsung
    Secara umum, teks prosedur akan memilih kalimat langsung dan kalimat tidak langsung dalam informasi yang dibuatnya.
  • Menggunakan kata keterangan (baik waktu, tempat, cara)
    Teks prosedur akan menggunakan kata keterangan seperti waktu, tempat dan cara. Hal ini memang sesuai dengan tujuan untuk memberikan informasi berupa langkah-langkah.
  • Menggunakan batasan pembahasan
    Jika dibandingkan dengan teks lainnya yang ada di dalam materi teks bahasa Indonesia. Teks prosedur akan menggunakan batasan pembahasan dalam membuat kalimatnya.
  • Langkah-langkah yang disajikan sangat rinci
    Langkah-langkah yang berupa informasi yang ada dalam teks prosedur biasanya akan disajikan secara rinci bahkan sangat rinci. Hal ini karena informasi yang ada dalam teks prosedur memang bertujuan untuk mencapai suatu hasil akhir yang sudah diharapkan atau ditentukan sebelumnya.
  • Menyajikan sebuah informasi
    Ya, tujuan dari dibuatnya suatu teks prosedur adalah untuk menyajikan informasi mengenai langkah-langkah atau tata cara melakukan kegiatan atau aktivitas tertentu.
  • Kata kerja yang dipilih adalah kata kerja aktif
    Kata kerja yang dipilih dalam kalimat teks prosedur biasanya merupakan kata kerja aktif. Misalnya seperti masukkan, hangatkan, dinginkan dan kata lainnya yang merupakan kata kerja aktif.

Contoh Teks Prosedur Lengkap Berdasarkan Jenisnya

Setelah kita membahas secara lengkap mulai dari pengertian teks prosedur, tujuan, unsur, struktur kaidah bahasa hingga ciri teks prosedur. Agar Anda lebih paham dan lebih mengerti mengenai jenis teks prosedur ini, berikut akan kami jelaskan mengenai contoh teks prosedur secara lengkap.


Contoh Teks Prosedur Sederhana
Pertama kami akan memberikan contoh teks prosedur sederhana yang dapat Anda buat. Sesuai dengan namanya, teks prosedur sederhana ini merupakan jenis teks prosedur dengan langkah-langkah yang mudah, simpel dan pastinya sederhana.

Teks prosedur sederhana merupakan salah satu jenis teks yang didalamnya hanya berisi tentang prosedur yang ringan karena didalamnya biasanya hanya akan terdapat dua hingga tiga tahapan atau langkah saja.

Penasaran kan seperti apa bentuknya? Langsung saja mari kita simak contohnya berikut ini.


Cara Mengupas Buah Apel

Tujuan : Cara mengupas buah apel

Material:
Adapun beberapa alat dan bahan yang Anda butuhkan adalah sebagai berikut.
a)    Buah Apel
b)    Piring
c)    Pisau dapur
d)    Tempat sampah

Step/Langkah-langkah:
Langkah-langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut
1.    Pertama-tama ambil buah apel yang sudah dicuci hingga bersih terlebih dahulu
2.    Langkah kedua, ambil pisau yang sudah disiapkan sebelumnya. Pastikan Anda menggunakan pisau yang tajam.
3.    Selanjutnya, Anda bisa mulai mengupas apel mulai dari bagian atas hingga bawah secara memutar
4.    Setelah terkupas, pastikan Anda memasukkan kulit apel ke tempat sampah
5.    Sesudah itu, potonglah apel menjadi beberapa bagian kecil-kecil. Ukurannya dapat Anda sesuaikan dengan selera.
6.    Kemudian selanjutnya Anda bisa taruh apel yang sudah dipotong kedalam piring yang sudah disiapkan
7.    Dan selesai, apel siap untuk dihidangkan dan dimakan bersama keluarga.


Cara Mengirim Pesan Singkat (SMS)

GOAL/Tujuan : cara mengirim pesan singkat (SMS)

MATERIAL/ Bahan: Hanphone (HP)

STEP / Langkah-langkah:
1.    Pertama, hal yang harus Anda lakukan tentu saja mengambil HP anda
2.    Kemudian setelah itu Anda bisa buka kunci, lalu pilih menu pesan atau menu massage
3.    Jika sudah, selanjutnya isikan nomor tujuan kedalam kolom yang sudah tersedia dalam menu tersebut.
4.    Selanjutnya tuliskan pesan anda di kolom diskripsi di bawah kolom nomor tujuan
5.    Pilih tombol kirim jika sudah selesai,
6.    Langkah terakhir, Anda hanya perlu menunggu notifikasi atau pemberitauan yang menginformasikan bahwa pesan anda sudah tersampaikan.


Cara Membuat Sop Ayam

GOAL/Tujuan: Cara membuat sop

MATERIAL/Bahan :
a)    Ayam Secukupnya
b)    Wortel
c)    Kentang
d)    Kol
e)    Bawang putih goreng
f)    Bawang merah goreng
g)    Bumbu yang sudah dihaluskan
h)    Bawang putih
i)    Bawang merah
j)    Daun bawang
k)    Seldri
l)    Garam
m)    Merica

STEP/ Langkah-langkah :
1.    Langkah pertama adalah cuci semua sayuran yang sudah disiapkan sebelumnya seperti wortel, kol, dan kentang.
2.    Setelah itu, jangan lupa untuk membersihkan dan mencuci ayam yang sudah disiapkan dengan menggunakan air hingga bersih. Potong ayam sesuai selera.
3.    Setelah itu, masak dan rebus ayam yang sudah dibersihkan dan dipotong pada air yang sudah mendidih.
4.    Kemudian, tumis bumbu yang sudah dihaluskan tersebut dengan menggunakan minyak goreng sidikit. Lalu masukkan sedikit air setelah Anda mencium bau wangi bumbu.
5.    Masukkan wortel, kentang, kol, yang sudah di potong pada air rebusan ayam yang sudah dimasak sebelumnya. Biarkan hingga mendidih dan semuanya matang.
6.    Ketika semua bahan sudah empuk, Langkah selanjutnya Anda bisa masukkan seledri, bawang
7.    Langkah terkahir masukkan bawang putih goreng dan bawang merah goreng yang sudah disiapkan sebelumnya agar masakan lebih wangi dan lezat.
8.    Selesai, jika angkat panci dan pindahkan sup ayam diatas mangkuk. Sup ayam siap dihidangkan dan di santap bersama keluarga.


Cara Membuat Telur Mata Sapi

Tujuan: Membuat Telur Mata Sapi

Bahan:
a)    1 buah telur ayam
b)    Siapkan garam dapur secukupnya sesuai selera
c)    Siapkan minyak goreng atau mentega untuk menggoreng.

Alat:
a)    Siapkan kompor yang baik
b)    Alat penggorengan seperti wajan atau Teflon
c)    Spatula untuk menggoreng
d)    Siapkan piring untuk wadah telur yang sudah di goreng

Langkah-langkah Cara Membuat:
1.    Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyalakan api dengan ukuran yang sedang saja.
2.    Kemudian langkah yang berikutnya adalah letakkan alat penggorengan bisa wajan atau Teflon diatas kompor yang sudah dinyalakan. Kemudian, masukkan mentega atau minyak goreng, lalu tunggu hingga mentega meleleh atau minyak goreng panas.
3.    Setelah panas, kemudian pecahkan telur dan tuangkan isi telur ke dalam wajan atau Teflon. Kemudian setelah itu jangan lupa untuk menambah garam secukupnya.
4.    Bali telur dengan menggunakan spatula agar telur dapat matang merata secara sempurna.
5.    Angkat jika telur sudah matang, kemudian tiriskan sebentar agar nantinya minyak dapat hilang.
6.    Selesai, letakkan telur di atas piring dan telur mata sapi pun sudah siap untuk dihidangkan dan disantap

Contoh Teks Prosedur Tentang Minuman
Nah, selanjutnya kami akan memberikan contoh teks prosedur  tentang cara membuat minuman. Tentunya Anda sudah sering melihat proses pembuatan minuman bukan? Namun, tahukah Anda bagaimana caranya jika Anda ingin menulis mengenai langkah- langkah membuat minuman tersebut. Nah, langsung saja yuk simak contoh penulisan teks prosedur mengenai minuman berikut ini.

Cara Membuat Teh Manis

Bahan- bahan:
a)    Siapkan 1 teh celup instan merk apa saja.
b)    Siapkan gula secukupnya sesuai dengan selera.
c)    Air hangat secukupnya.
Alat- alat:

a)    Siapkan 1 gelas atau 1 cangkir untuk wadah the.
b)    Siapkan sendok untuk mengaduk teh.

Cara membuat:
1.    Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah masukkan air hangat secukupnya sesuai dengan wadah yang digunakan dan keinginan Anda.
2.    Langkah kedua adalah Anda bisa langsung menyelupkan teh celup yang sudah disiapkan sebelumnya ke dalam gelas yang sudah berisi dengan air.
3.    Pastikan juga Anda tidak lupa untuk memasukkan gula secukupnya aduk air hingga gula larut.
4.    Selesai, teh siap dihidangkan dan siap diminum.

Contoh Teks Prosedur Kompleks

Selanjutnya kami akan memberikan contoh teks prosedur kompleks. Sesuai dengan namanya teks prosedur yang satu ini merupakan teks prosedur yang disusun dan terdiri dari banyak langkah atau tahapan.

Biasanya langkah-langkah yang ada di teks prosedur pada saat penulisan ini akan sangat berurutan dan juga disertai dengan sub langkahnya juga. Penasaran kan seperti apa contoh teks prosedur kompleks ini. Langsung saja mari kita simak contohnya sebagai berikut untuk bisa membuat teks prosedur kompleks dengan benar.

Cara Membuat Blog Gratis dengan Mudah dan Cepat
Berikut ini kami akan menjelaskan mengenai bagaimana cara membuat blog gratis dengan mudah, cepat dan benar. Biasanya blog gratisan bisa dibuat dengan menggunakan situs wordpress dan juga blogspot. Langsung saja mari kita simak penjelasan mengenai langkah- langkah membuat blog gratis dengan mudah dan cepat berikut ini:
  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk di link wordpress.com untuk membuat blog gratis dalam bentuk wordpress.
  • Langkah selanjutnya Anda bisa menuliskan nama blog sesuai degan keinginan Anda pada kolom yang sudah muncul dan tersedia. Kemudian, klik atau enter untuk membuat situs web wordpress.
  • Langkah yang ketiga adalah Anda bisa mengisi formulir pada tahapan berikutnya yang akan muncul secara otomatis ketika Anda sudah menulis nama pada blog di langkah sebelumnya.
  • Kemudian, langkah berikutnya adalah pastikan Anda sudah mendapatkan tanda centang dengan warna hijau dan bukan centang warna merah pada. Apabila nantinya yang muncul adalah tanda centang merah, maka itu artinya nama yang Anda tulis sudah digunakna oleh pengguna blog lainnya sehingga mau tidak mau Anda harus membuat nama yang lainnya.
  • Lalu, berikutnya Anda dapat melakukan scroll down kemudian klik tombol untuk membuat blog.
  • Nah, selanjutnya adalah langkah mengatur blog. Disini Anda bisa melakukan penyesuaian untuk blog Anda. Anda bisa membuat tampilan sesuai dengan tujuan dan juga kebutuhan Anda.
  • Setelah itu, Anda bisa membuat email yang dapat Anda gunakan untuk melakukan registrasi dan klik aktivasi email.
  • Apabila pada saat aktivasi email sudah berhasil di aktivasi, maka pastinya akun Anda secara otomatis juga dapat langsung aktif dan Anda pun akan mendapatkan email pemberitahuan atas hal ini.
  • Selesai, sekarang blog Anda sudah siap digunakan.
  • Nah, bagi Anda yang ingin membuat sebuah blog dengan situs blogspot. Anda bisa mengikuti langkah-langkah cara membuat blogspot gratis dengan mudah dan cepat seperti berikut ini.
  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah Anda perlu masuk terlebih dahulu pada link blogger.com
  • Setelah itu, Anda bisa meng-klik tombol sign up yang biasanya ada di pojok kanan atas
  • Kemudian setelah itu, isi aplikasi dari pendaftaran pada akun google yang nantinya muncul secara otomatis. Setelah Anda mengisinya dengan benar, Anda bisa melanjutkannya dengan meng-klik tombol next.
  • Lalu, langkah selanjutnya Anda bisa mengisi kolom untuk melakukan verifikasi. Kemudian tekan atau klik tombol send untuk vertifikasi kode.
  • Langkah selanjutnya, setelah Anda mendapatkan kode verifikasinya. Anda bisa memasukkan kode vertifikasi yang telah di terima dari sms, kemudian klik tombol verify untuk memverifikasi akun blog Anda.
  • Nantinya Anda akan diminta untuk menambahkan foto profil jika Anda sudah berhasil melakuakn verifikasi. Tambahkan foto profil sesuai dengan foto favorit Anda.
  • Lalu langkah selanjutnya ialah Anda akan mendapatkan tampilan sebuah laman pemberitahuan jika Anda telah mempunyai akun. Nah,untuk bisa masuk ke blog yang sudah Anda buat. Anda bisa langsung login pada situs blogger.com
  • Kemudian, setelah Anda melakukan login dan Anda juga sudah masuk pada dashboard blog maka Anda dapat klik tombol untuk memulai blog baru yang sudah Anda buat.
  • Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adala  mengisi jendela pembuatan blog yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Misalnya saja pada judul blog, template, alamat dan lain sebagainya, semua itu dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda.
  • Kemudian klik tombol untuk membuat blog, dan selesai Anda sudah bisa menggunakan blog yang baru saja Anda buat.

Contoh Teks Prosedur Protokol

Nah, selanjutnya kami akan menjelaskan mengenai contoh teks prosedur protokol. Teks prosedur protokol merupakan sebuah teks  yang berisikan langkah- langkah atau tahapan kerja yang tergolong lebih fleksibel karena bisa di ubah.

Tidak hanya itu saja, langkah-langkah tersebut nantinya juga tidak wajib di lakukan dengan cara berurutan karena pada umumnya langkah-langkah yang dicantumkan tidak saling berkaitan. Namun, walalupun demikian, teks prosedur yang satu ini tetap memiliki tujuan yang tetap harus di penuhi meskipun nantinya proses pembuatan tidak di lakukan secara berurutan.

Nah, berikut ini contoh teks prosedur protokol yang dapat Anda jadikan contoh ketika akan membuatnya.

Cara Masak Mie Instan

Alat dan Bahan:
a)    Mie instan
b)    Air bersih
c)    Piring atau Mangkok
d)    Panci untuk merebus

Langkah-langkah:
1.    Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah rebus air hingga mendidih.
2.    Kemudian, langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah memasukkan mie instan ke dalam air yang sudah mendidih tersebut.
3.    Lalu selanjutnya untuk langkah yang ketiga adalah masukkan bumbu yang takarannya sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Bumbu juga dapat Anda masukkan langsung ke dalam mie instan pada saat mie masih di masak. Selanjutnya tunggu hingga mie matang kurang lebih 2 menit.
4.    Angkat mie yang sudah matang dan taruh di piring ataupun mangkuk yang sudah disiapkan tadi
5.    Selesai, mie instan pun sudah siap di hidangkan dan di santap.

Contoh Teks Prosedur Beserta Strukturnya

Pengertian teks prosedur dan contoh teks prosedur berdasarkan jenisnya sudah dibahas sebelumnya. Namun, disini kami akan lebih menerangkan mengenai apa saja struktur yang harus ada dalam teks prosedur hingga contoh singkatnya.  Langsung saja mari kita simak contoh teks prosedur beserta strukturnya berikut ini.

Cara Membuat Masker Susu
Walaupun pada saat ini masker susu instan dalam bentuk kemasan sudah sangat mudah di beli di mana-mana namun karena sudah banyaknya penjual masker susu yang ada di pasaran. Namun, tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk membuat masker susu sendiri dirumah secara manual.

Dengan begitu Anda akan lebih banyak merasakan manfaat dan juga khasiat dari masker susu yang pastinya lebih terpercaya. Seperti yang kita tahu, susu memang memiliki banyak manfaat dan khasiat  untuk kulit wajah. Hal ini karena susu memiliki kelebihan untuk bisa melembabkan dan melembutkan kulis dan juga dapat membuat kulit lebih cerah.

Bagi Anda yan penasaran bagaimana cara membuatnya langsung saja yuk simak cara membuat masker susu lengkap dengan bahan dan langkah-langkahnya berikut ini.

Material/Bahan:
a)    Siapkan 2 sendok makan susu bubuk murni tanpa tambahan gula.
b)    Siapkan 1 sendok makan madu asli dan murni.
c)    Siapkan 1 sendok makan air perasan jeruk nipis.

Langkah-langkah Cara Membuat:
1.    Masukkan semua bahan yang sudah disiapkan sebelumnya dalam satu wadah seperti mangkuk atau sebagainya. Kemudian, aduk semua bahan hingga merata.
2.    Setelah merata, maka masker susu pun sudah siap untuk di aplikasikan pada wajah. Pastikan Anda menghindari pemakaian masker pada bibir, lubang hidung dan juga mata.
3.    Diamkan masker susu kurang lebih selama 10 hingga 15 menit hingga masker mengering.
4.    Bilas wajah dengan menggunakan air bersih jika sudah mengering dan lap dengan menggunakan handuk lembut.

Contoh Teks Prosedur Cara Menggunakan Blender
Selanjutnya kami akan menjelaskan contoh teks prosedur cara menggunakan blender. Langsung saja simak contohnya berikut ini.

Alat dan Bahan:
a)    Bahan yang akan diblender
b)    Blender

Langkah-langkah Cara Menggunakan Blender:
1.    Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah siapkan blender yang akan digunakan. Kemudian setelah itu gunakan mangkok blender yang sesuai, Anda bisa menggunakan mangkok besar untuk memblender bahan-bahan yang basah seperti tomat dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk mangkuk kecilnya Anda bisa gunakan untuk memblender bahan kering seperti merica.
2.    Langkah selanjutnya, pasang mangkuk blender di atas dudukan blender dengan tepat.
3.    Tancapkan kabel blender pada stopkontak.
4.    Lalu berikutnya tekan tombol yang bertuliskan ON untuk menghidupkan.
5.    Tunggu hingga bahan halus, kemudian apabila bahan sudah halus merata maka matikan dengan menekan tombol OFF untuk mematikan.
6.    Selesai, Anda bisa mengangkat mangkuk dan meletakkan bahan ke dalam mangkuk. Selesai, Anda bisa bersihkan kembali blender dan simpan blender ditempatnya kembali.

Sekarang Anda sudah sangat mengerti tentang apa itu teks prosedur bukan. Itu dia informasi mengenai pengertian teks prosedur lengkap dengan contoh teks prosedur. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Teks Prosedur secara Umum dan Menurut Para Ahli, Jenis-jenis, Struktur Penulisan, Fungsi Tujuan, Unsur-Unsur, Unsur Kebahasaan, Ciri-ciri dan Contoh Teks Prosedur Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel