Pengertian Teks Eksposisi, Ciri, Kaidah Kebahasaan, Struktur, Jenis dan Contoh Teks Eksposisi Lengkap dan Detail

https://www.pengertianteksprosedur.com/ - Pada saat berada di bangku sekolah atau pada saat berada di bangku kuliah khususnya bagi Anda yang sedang mengambil jurusan sastra Indonesia atau pendidikan bahasa Indonesia. Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan berbagai jenis teks bahasa Indonesia yang ada dalam materi mata pelajaran atau mata kuliah bahasa Indonesia.

Ya, materi pelajaran bahasa Indonesia akan selalu terus kita dapatkan pada saat berada di bangku sekolah bahkan hingga pada saat kita kuliah sekalipun.

Hal ini karena mata pelajaran yang satu ini memang sangat dibutuhkan dan banyak dibutuhkan guna untuk membuat suatu karya tulis. Tidak hanya berbagai macam jenis teks saja, bahkan ada juga berbagai jenis kalimat dan paragraf dalam bahasa Indonesia.

Anda akan mendapatkan materi mengenai teks eksposisi ini dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kurikulim 2013 pada saat berada di bangku sekolah menengah pertama atau SMP. Bahkan pada saat berada di bangku sekolah sekalipun Anda pasti akan diingatkan dengan salah satu jenis teks yang satu ini.

Pastinya Anda sudah sering mendengar tentang teks eksposisi karena biasanya Anda akan membaca atau secara tidak sengaja atau sengaja pernah membaca jenis teks eksposisi yang satu  ini. Teks eksposisi yang satu ini biasanya akan banyak sekali kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa bacaan dan tulisan yang biasanya menggunakan teks eksposisi antara lain adalah teks eksposisi sering digunakan dalam menuliskan berita, baik berita yang ada di koran, majalah, media online,  media sosial dan media yang masih banyak lagi.

Nah, bagi Anda yang mungkin lupa atau bahkan tidak tahu sama sekali tentang apa itu teks eksposisi tidak perlu khawatir karena pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai teks eksposisi secara lengkap mulai dari pengertian teks eksposisi, ciri-ciri, struktur, jenis hingga contoh eksposisi secara lebih detail dan lengkap. Langsung saja yuk kita simak ulasan selengkapnya pada penjelasan dan pembahasan berikut ini.

Pengertian Teks Eksposisi

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, pada umumnya Anda bisa menemukan berbagai tulisan dengan menggunakan teks eksposisi yang ada dalam berita baik berita yang ada dalam majalah, Koran, media online, media sosial dan yang lainnya. Nah, agar Anda bisa tahu kira-kira tulisan berita yang mana saja yang dapat digolongkan sebagai teks eksposisi. Langsung saja coba bandingkan tulisan berita yang sudah sering Anda baca dengan definisi atau pengertian eksposisi  yang akan kami berikan berikuti ini.

Pengertian Teks Eksposisi, Ciri, Kaidah Kebahasaan, Struktur, Jenis dan Contoh Teks Eksposisi Lengkap dan Detail

Definisi teks eksposisi yang pertama adalah teks eksposisi merupakan suatu tulisan yang berisikan fakta atau informasi yang memiliki bentuk pengembangan paragraf. Yang mana teks eksposisi yang dibuat tersebut dibuat berupaya untuk menerangkan suatu keadaan tertentu, sehingga dengan begitu orang yang membacanya bisa mendapatkan pengetahuan dari apa yang diuraikan oleh penulis teks eksposisi tersebut.

Uraian yang dijelaskan dalam tulisan dengan menggunakan teks eksposisi biasanya akan  berbentuk sebuat tulisan yang singkat, padat, dan jelas. Hal ini memang dibuat sebagai tujuan agar pembaca akan lebih mudah memahami maksud dari penulis.

Pengertian teks eksposisi atau bisa disebut juga dengan exposition text yang lainny adalah suatu pengembangan paragraf  dalam suatu penulisan. Yang mana isi dari tulisan teks eksposisi tersebut mengungkapkan tentang gagasan. Selain itu, teks eksposisi ini juga memberikan penjelasan atau pengertian secara lengkap dengan menggunakan gaya penulisan yang singkat, padat, dan akurat.

Pendapat lain juga mengatakan bahwa pengertian teks eksposisi yang lainnya adalah suatu paragraf yang berisikan tentang informasi dan juga pengetahuan yang biasanya akan ditulis secara singkat, padat, akurat serta yang paling penting adalah mudah dipahami oleh setiap orang yang membacanya. Jadi, hal ini berarti bahwa setiap orang yang membaca suatu teks eksposisi akan dapat memahami informasi yang terdapat di dalamnya secara jelas sejelas-jelasnya.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa tujuan dari teks eksposisi yang dibuat dalam bentuk tulisan tersebut memiliki tujuan yakni untuk menjelaskan suatu informasi atau mengungkapkan gagasan secara singkat, padat , dan akurat. Sehingga dengan tulisan yang sedemikian rupa dapat membuat para pembacanya mendapatkan ilmu pengetahuan baru mengenai suatu hal atau peristiwa secara rinci.


Ciri-ciri Teks Eksposisi

Ada banyak jenis teks dalam bahasa Indonesia. dan tentu saja setiap jenis teks yang ada dalam bahasa Indonesia memiliki perbedaan antara yang satu dan yang lainnya. Begitu juga dengan teks eksposisi, jenis teks yang satu ini tentu saja memiliki perbedaan yang unik dengan jenis teks lainnya yang ada dalam bahasa Indonesia seperti teks eksplanasi, teks deskripsi, teks prosedur, dan jenis teks yang lainnya.

Pengertian Teks Eksposisi, Ciri, Kaidah Kebahasaan, Struktur, Jenis dan Contoh Teks Eksposisi Lengkap dan Detail

Terdapat karakteristik dan ciri-ciri yang terdapat dalam jenis teks eksposisi yang membedakan dengan jenis teks yang lainnya. Adapun beberapa karakteristik dan ciri-ciri teks eksposisi yang membedakan dan membuatnya unik dibandingkan dengan jenis teks yang lainnya yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut ini.
  • Penyampaian informasi yang dilakukan dalam jenis teks eksposisi ini yakni diungkapkan dengan cara singkat, padat, akurat dan juga mudah dimengerti oleh pembacanya.
  • Gaya penulisan yang digunakan dalam jenis teks eksposisi yang satu ini memiliki sifat persuasif informatif atau tulisan memiliki tujuan untuk mengajak orang lain dalam melakukan suatu hal.
  • Penjelasan informasi yang disampaikan pada jenis teks eksposisi ini dipaparkan secara lugas dengan menggunakan bahasa yang formal dan baku dan sesuai EYD.
  • Penyampaian informasi yang ada dalam tulisan yang menggunakan teks eksposisi memiliki sifat yang objektif atau tidak memihak siapapun. Tidak hanya itu, tulisan yang dibuat biasanya juga disertakan dengan berdasarkan pada bukti yang konkret. Jadi, dapat dikatakan bahwa penjabaran informasi yang ada dalam teks eksposisi ini akan disertai dengan data-data akurat yang berasal dari sumber terpercaya sebagai pendukung isi tulisan yan dibuat.
  • Fakta informasi yang diberikan dalam teks eksposisi biasanya akan banyak digunakna sebagai alat konkritasi dan kontribusi.
  • Pembahasan yang dituliskan dalam teks eksposisi termasuk ke dalam sebuah fakta bukan merupakan sebuah opini atau karangan dari penulis.
  • Data dan informasi dipaparkan secara gamblang, hal ini ditandai dengan adanya data konkrit dan valid yang juga ikut disertakan dalam tulisan.
  • Tulisan bersifat netral, hal ini berarti bahwa tulisan tersebut tidak memihak siapapun. Jadi dalam hal ini penulis yang menuliskan berita dengan menggukan teks eksposisi tidak bisa seenaknya sendiri menuliskan apa-apa yang ia inginkan, karena tulisan yang ditampilkan harus berdasarkan bukti yang konkret bahkan harus disertai dengan data.
  • Tulisan dalam teks eksposisi yang dibuat harus berdasarkan pada data dan fakta yang memang benar adanya (valid).
Itu dia beberapa ciri-ciri teks eksposisi yang harus Anda ketahui dan harus Anda pahami agar dapat mengenali jenis teks yang satu ini. Beberapa hal yang sudah dijelaskan diatas tersebut merupakan hal-hal yang mebedakan dan menjadi karakteristik atau ciri teks eksposisi dengan jenis teks lainnya.
Jadi, jika Anda menemukan jenis teks yang memiliki ciri-ciri seperti yang sudah dijelaskan di atas nantinya pada saat membaca berita atau jenis tulisan lainnya maka itu berarti adalah jenis teks eksposisi.

Jenis-jenis Teks Eksposisi

Selain memiliki ciri-ciri yang unik dan berbeda dengan jenis teks dalam bahasa Indonesia yang lainnya. Sama dengan jenis teks yang lainnya, teks eksposisi juga tidak hanya memiliki ciri-ciri yang tentu saja berbeda dengan jenis teks lainnya, akan tetapi teks eksposisi ini juga terbagi ke dalam beberapa jenis. Adapun beberapa jenis teks eksposisi perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut ini.

  • Teks eksposisi definisi
Jenis teks eksposisi yang pertama adalah teks eksposisi definis yang mana di dalam teks eksposisi jenis ini hanya memuat pengertian atau definisi-definisi tentang suatu hal yang dibahas dan dijelaskan secara mendalam terkait suatu topik tertentu.

Pastinya Anda sudah sering menjumpai jenis teks eksposisi ini karena ada sangat banyak seklia teks yang pada umumnya hanya menjelaskan mengenai pengertian akan suatu hal atau topic tertentu.

Jadi, sesuai dengan namanya jenis teks eksposisi definisi ini merupakan salah satu jenis teks eksposisi yang isinya menjelaskan tentang pengertian dari suatu objek tertentu.

  • Teks eksposisi Proses pengerjaan
Jenis teks eksposisi yang lainnya adalah teks eksposisi pengerjaan. Yang mana jenis teks eksposisi yang satu ini biasanya akan memuat tentang langkah-langkah atau tata cara melakukan sesuatu pekerjaan secara urut dan sistematis. Langkah-langkah atau tata cara yang dijelaskan dalam teks eksposisi pada umumnya akan di mulai dari tahap awal sampai tahap akhir dari sesuatu tersebut.

Jadi, jenis teks eksposisi proses pengerjaan ini dapat dikatakan sebagai salah satu jenis teks eksposisi yang isinya menjelaskan tentang tata cara atau panduan untuk melakukan sesuatu.

  • Teks eksposisi gambaran
Jenis teks eksposisi yang berikutnya adalah teks eksposisi gambaran. Sesuai dengan namanya jenis teks eksposisi ini pada umumnya akan memuat tentang berita atau topik tertentu dengan menampilkan gambaran yang singkat namun jelas. Gambaran yang dijabarkan dalam teks eksposisi yang satu ini harus dibuat dengan mewakili maksud yang akan disampaikan.

Jenis teks eksposisi gambaran ini sering disebut juga sebagai teks eksposisi Ilustrasi. Jadi, maksud dari jenis teks eksposisi gambaran atau ilustrasi yang satu ini adalah suatu jenis teks yang digunakan untuk menggambarkan secara sederhana atau bentuk konkret suatu ide atau gagasan. Pada umumnya jenis teks eksposisi ilustrasi atau gambaran akan menggunakan frasa penghubung dalam mendeskripsikan sesuatu kepada pembaca.

  • Teks eksposisi laporan
Jenis teks eksposisi berikutnya adalah jenis teks eksposisi laporan yang mana jenis teks eksposisi yang satu ini memuat laporan terkait suatu topik tertentu. Laporan yang dijelaskan tersebut bisanya akan didapatkan dari suatu hasil penelitian atau hasil wawancara dengan sumber yang bersangkutan.

  • Teks eksposisi perbandingan
Sesuai dengan namanya jenis teks eksposisi berikutnya adalah jenis teks eksposisi perbandingan. Yakni sesuai dengan namanya jenis teks eksposisi yang satu ini akan berisikan suatu topik tertentu yang dibandingkan dengan topik lain. Namun, kedua topic yang dibandingkan tersebut masih saling memiliki keterkaitan antara yang satu dengan yang lainnya sehingga mudah untuk dibandingkan.

Pengertian Teks Eksposisi, Ciri, Kaidah Kebahasaan, Struktur, Jenis dan Contoh Teks Eksposisi Lengkap dan Detail

Jadi, dapat disimpulkan bahwa jenis teks eksposisi yang satu ini adalah jenis teks yang pada umumnya digunakan untuk menjelaskan suatu pokok bahasan dengan memakai metode perbandingan.

  • Teks eksposisi pertentangan
Jenis teks eksposisi yang selanjutnya adalah teks eksposisi pertentangan yakni suatu jenis teks eksposisi yang berisi suatu topik tertentu yang dipertentangkan dengan topik lain. Namun, sama halnya seperti teks perbandingan teks yang dipertentangkan tersebut juga masih saling memiliki keterkaitan.

Jadi, maksud dari teks eksposisi perbandingan ini adalah suatu jenis teks yang berisi pertentangan antara suatu objek dengan objek lainnya. Biasanya jenis teks eksposisi yang satu ini akan menggunakan kata frasa penghubung, contohnya seperti kata penghubung akan tetapi, meskipun begitu, sebaliknya, dan lain-lain.

  • Teks Eksposisi Berita
Jenis teks eksposisi yang selanjutnya adalah teks eksposisi berita. Sesuai dengan namanya, jenis teks eksposisi yang satu ini merupakan jenis teks yang isinya menyampaikan informasi suatu peristiwa atau kejadi. Pada umumnya jenis teks eksposisi yang seperti ini akan banyak kita temukan di dalam surat kabar atau Koran.

  • Teks Eksposisi analisis
Jenis teks eksposisi yang terakhir adalah teks eksposisi analisi yaitu suatu teks yang isinya menjelaskan tentang proses analisis suatu pokok bahasan yang dipisahkan menjadi beberapa sub-bagian dengan tujuan untuk selanjutnya akan dikembangkan secara berurutan.

Itulah beberapa jenis teks eksposisi yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui beberapa jenis teks eksposisi ini itu berarti Anda telah mengetahui pembagian dari teks eksposisi. Satu hal penting yang harus Anda ingat adalah teks eksposisi bukan merupakan teks tunggal. Akan tetapi, teks ini masih terbagi ke dalam beberapa bagian seperti yang sudah kami jelaskan di atas.


Struktur Teks Eksposisi

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan ciri dan jenis teks eksposisi. Selanjutnya bagi Anda yang ingin membuat teks eksposisi namun masih belum tahu bagaimana cara membuatnya dan harus dimulai dari mana. Berikut ini akan kami jelaskan mengenai struktur teks eksposisi.

Sama dengan jenis teks yang lainnya, teks eksposisi juga memiliki struktur yang membuatnya lebih mudah ketika akan menyusunnya. Dan teks eksposisi harus memiliki beberapa struktur ini agar bisa terbentuk. Bahkan dapat dikatakan bahwa struktur-struktur yang ada dalam teks eksposisi adalah suatu bagian penting dalam teks eksposisi. Adapun beberapa struktur yang harus Anda ketahui adalah sebagai berikut.
  • Tesis atau pernyataan pendapat
Struktur teks eksposisi yang pertama adalah tesis atau pernyataan pendapat. Dimana pada bagian struktur tesis ini merupakan bagian awal yang ada dalam teks eksposisi. Di dalam bagian tesis atau pernyataan pendapat ini Anda bisa buat dengan memuat dugaan atau prediksi dari Anda sendiri sebagai penulis.

Walupun pada bagian tesis ini merupakan dugaan atau prediksi dari penulis, namun dugaan tersebut bukan dugaan tanpa landasan yang berarti. Dugaan penulis ini juga wajib dan harus diperkuat dengan berbagai data-data yang valid. Jadi, pada bagian tesisi ini bukan hanya argumentasi tanpa landasan dari penulis.

Biasanya pada bagian tesis yang ada dalam teks eksposisi ini  berada di awal kalimat. Walaupun tidak menutup kemungkinan juga bagian tesis pada teks eksposisi akan berada di bagian akhir dari kalimat eksposisi.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa bagian tesis yang ada dalam teks eksposisi adalah bagian pembuka dari penulisan exposition text. Tesis adalah pernyataan pendapat dari penulis secara pribadi tentang topik atau masalah yang dibahas yang juga dilandaskan dengan data yang valid.

  • Argumentasi
Bagian struktur teks eksposisi yang berikutnya adalah bagian argumentasi. Pada bagian argumenatasi ini biasanya akan memuat kalimat-kalimat pendukung dari tesis yang sudah dituliskan sebelumnya oleh penulis.

Tidak hanya berisi kalimat pendukung, namun argumentasi juga bisa saja berisi tentang sanggahan dari tesis yang diberikan oleh penulis sebelumnya. Argumentasi pada teks eksposisi yang baik pada umumnya akan berisi kedua hal tersebut, yakni bisa suatu data yang mendukung atau bahkan juga sanggahan dari tesis yang dituliskan oleh penulis pada bagian sebelumnya.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa bagian argumentasi yang ada dalam teks eksposisi merupakan suatu bagian dari penulisan exposition text yang pada umumnya berisi tentang alasan-alasan yang mendukung atau memperkuat pendapat penulis pada bagian tesis yang sudah dibuat sebelumnya. Argumentasi yang akan dimasukkan dalam teks eksposisi ini bisa diambil dari hasil penelitian para ahli, ataupun pendapat pakar di bidang tertentu sehingga hal tersebut berfungsi untuk memperkuat pendapat pribadi si penulis.

  • Penegasan ulang
Bagian struktur teks eksposisi yang terakhir adalah bagain penegasan ulang. Yang mana pada bagian penegasan ulang yang ada dalam teks eksposisi ini akan berisi penguatan pandangan atas fakta-fakta yang telah dikemukakan pada bagian tesis dan agumentasi. Penegasan ulang juga dapat disebut juga sebagai bagian struktur teks yang merupakan bagian simpulan dari topik yang telah dibicarakan dalam tesis yang diajukan atau dalam argumentasi.

Baca Artikel ini : Pengertian Teks Prosedur

Jadi, bagian penegasan ulang atau biasa disebut dengan reiterasi ini merupakan suatu penegasan kembali pendapat penulis pada bagian tesis sehingga dengan begitu pembaca dapat lebih memahami sepenuhnya isi dari teks yang dituliskan tersebut. Biasanya reiterasi atau penegasan ulang ini juga disertai dengan bukti-bukti pendukung, dan juga bagian struktur teks eksposisi ini juga merupakan bagian dari kesimpulan suatu teks yang dibuat penulis.

Itu dia beberapa struktur teks eksposisi yang harus Anda ketahui dan harus ada pada saat Anda akan membuat teks eksposisi. Jadi, bagi Anda yang berniat untuk membuat teks eksposisi pastikan bahwa teks yang Anda buat sudah memiliki struktur atau bagian teks eksposisi seperti yang sudah dijelaskan di atas yakni harus ada tesis, argumentasi, dan yang terakhir adalah penegasan ulang.


Kaidah Penulisan Teks Eksposisi

Sama seperti jenis teks yang lainnya, teks eksposisi tentu saja juga harus memiliki kaidah penulisan agar teks yang dibuat dapat dengan sangat baik dan sesuai dengan kaidah yang ditetapkan. Nah, kaidah penulisan teks eksposisi pada umumnya terdiri dari tiga kaidah. Adapun unsur kaidah kebahasaan dalam teks eksposisi tersebut adalah sebagai berikut.

  • Konjungsi
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ciri dari teks eksposisi adalah menggunakan kata konjungsi. Pengertian dari kata konjungsi itu sendiri adalah bentuk kata penghubung yang sering dipakai dalam membuat teks eksposisi.

Pengertian Teks Eksposisi, Ciri, Kaidah Kebahasaan, Struktur, Jenis dan Contoh Teks Eksposisi Lengkap dan Detail
Ada banyak sekali jenis kata penghubung yang digunakan pada pembuatan teks eksposisi  ini misalnya kata penghubung yang digunakan untuk menunjukkan waktu, perbandingan, gabungan, penjelasan, dan lainnya. Contoh kata konjungsi misalnya seperti kata lalu, kemudian, setelah dan kata lainnya yang termasuk ke dalam kata penghubung waktu.

  • Pronomina
Selain itu, kaidah penulisan teks eksposisi yang lainnya adalah pronominal yakni suatu bentuk kata ganti yang biasanya digunakan dalam suatu teks termasuk teks eksposisi. Secara umum, terdapat dua jenis pronomina yang ada dalam teks eksposisi antara lain adalah persona dan non persona. Persona merupakan suatu kata ganti untuk menunjukkan orang contohnya seperti kata kamu, saya, dia, ia dan lain sebagainya. Sedangkan non-persona adalah kata ganti yang digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang bukan orang. Misalnya contohnya seperti kata di sana, di situ, di sini dan kata ganti non-persona lainnya.

  • Leksikal
Kaidah kebahasaan teks eksposisi yang berikutny adalah leksikal yakni suatu jenis kata yang menunjukkan kata kerja, kata benda, kata sifat, dan kata keterangan. Untuk lebih jelasnya berikut ini contoh dari kata leksikal yang ada dalam teks eksposisi.

Kata kerja, misalnya seperti kata berlari, membaca, bekerja, menulis, dan lain-lain.
Kata benda, contohnya misalnya seperti kata meja, batu, kayu, piring, dan lain-lain.
Kata sifat, contoh dari kata sifat dalam teks eksposisi seperti kata menarik, baik, cantik, buruk, dan lain-lain.
Kata keterangan, sedangkan kata keterangan yang ada dalam teks eksposisi contohnya seperti kata pagi, malam, di situ, di sini, dan lainnya

Contoh Teks Eksposisi Lengkap Bahasa Indonesia

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan berbagai hal yang terkait dengan teks eksposisi. Dan hal lainnya yang tidak kalah penting harus Anda ketahui adalah contoh teks eksposisi. Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini kami akan membahas secara lebih lengkap mengenai teks eksposisi. Karena rasanya kurang lengkap jika kita hanya mengetahui materi dan teorinya saja tanpa contoh dari  teks eksposisi itu sendiri.

Anda pasti juga masih bingung apabila tidak melihat secara langsung contoh lengkap dari teks eksposisi. Oleh karena itu, kami akan memberikan beberapa contoh teks eksposisi untuk memudahkan Anda agar lebih mengerti dan lebih paham mengenai teks eksposisi. Berikut ini beberapa contoh teks eksposisi yang baik dan benar yang bisa Anda jadikan sebagai referensi pada saat akan membuat teks eksposisi.

Pengertian Teks Eksposisi, Ciri, Kaidah Kebahasaan, Struktur, Jenis dan Contoh Teks Eksposisi Lengkap dan Detail



Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Pendidikan karakter
Tesis:

Pendidikan adalah salah satu hal yang sangat penting dalam hidup kita sebagai manusia. Hal ini karena melalui pendidikan seseorang dapat mengenali jati dirinya sendiri setelah mengenyam pendidikan. Jati diri tersebut tentu saja tidak dapat terbentuk begitu saja, jati diri terbentuk dari karakter yang dimiliki oleh seseorang itu sendiri.

Nah, pendidikan sangat penting dan berarti dalam hal ini karena melalui perubahan kurikulum pemerintah juga ikut berperan dalam membentuk karakter anak didik. Pada saat ini pemerintah sudah mengubah Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) ke Kurikulum 2013 yang banyak diterapkan di sekolah-sekolah. Yang mana dalam perubahan kurikulum ini mensyaratkan adanya pendidikan karakter dalam sistem pendidikan yang ada di Indonesia.

Argumentasi:
Pendidikan karakter yang ada dalam kurikulum 2013  merupakan pendidikan yang lebih mengutamakan kemampuan siswa secara personal. Atau pendidikan karakter juga dapat diartikan sebagai suatu pendidikan yang mencoba untuk menggali potensi diri dari seorang individu, dalam hal ini adalah siswa. Pendidikan karakter yang diterapkan dalam sekolah-sekolah seperti pada saat ini sangat penting sekali karena pendidikan ini dapat menggali bakat-bakat tersembunyi yang dimiliki oleh siswa. Setiap siswa tentu saja harus memiliki potensi, bakat, dan kecerdasan yang ada di bidang yang tidak sama antara bidang yang satu dengan yang lainnya.

Siswa yang tidak pandai dalam hal mata pelajaran bukan berarti ia bodoh, karena siswa tersebut pasti memiliki kemampuan di bidang yang lain. Nah melalui pendidikan karakter ini guru dapat mengetahui cerdas atau tidaknya seseorang dan ukuran tersebut tentu saja tidak ditentukan berdasarkan pintar atau tidaknya seseorang dalam pelajaran di kelas.

Tidak hanya itu, penerapan pendidikan karakter dalam kurikulum 2013 ini juga mengharuskan guru yang tidak boleh untuk melabeli seorang siswa bodoh apabila ia tidak pintar dalam mata pelajaran yang diajarkan di kelas.

Bahkan pemerintah juga sudah mengupayakan terwujudnya pendidikan karakter ini dengan melalui kurikulum pendidikan terbaru yang diterapkan yakni kurikulum 2013. Tujuan dari diterbitkannya kurikulum 2013 ini adalah karena ingin pemerintah berusaha menggali potensi dan menanamkan karakter kepada siswa.

Karakter yang dimaksud yakni adalah karakter degan sikap toleransi terhadap agama, kebudayaan, suku, bahasa, dan adat istiadat serta yang lainnya. Seperti yang kita tahu, Indonesia adalah negara yang memiliki beragam bahasa, kebudayaan, kepercayaan, dan juga adat istiadat. Sehingga penanaman sikap toleransi dalam pendidikan karakter ini harus diperkenalkan sejak di bangku sekolah.

Tidak hanya itu melalui pendidikan karakter yang diterapkan juga diharapkan mampu membekali siswa di masa yang akan datang terkait dengan masa depan siswa-siswa Indonesia. Dalam hal ini siswa harus memiliki keahlian dan skill khusus yang harus mereka miliki sesuai dengan perkembangan zaman globalisasi seperti pada saat ini.

Penegasan ulang:
Jadi, dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter dapat dikatakan sebagai bekal awal siswa di masa depan. Dimana dalam hal ini siswa harus mempunyai sikap toleransi kepada sesamanya dan memiliki skil, keahlian atau potensi diri yang dapat dibanggakan agar siswa  lebih siap menghadapi kemajuan zaman sebagai penerus bangsa ini.


Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Hukum

Diskriminalisasi Terhadap Wanita
Tesis:

Dari dulu hingga pada saat ini wanita sangatlah rentan menjadi sasaran objek kejahatan. Hal ini juga dibuktikan dengan suatu data yang dirilis, data tersebut menunjukkan bahwa Indonesia termasuk negara yang paling tidak aman terhadap kaum wanita.

Hampir tiap hari ada laporan kejahatan terhadap wanita di Indonesia bahkan tergolong sering. Bahkan di beberapa kasus ada juga kasus yang cukup langka misalnya seperti suatu kasus kejahatan wanita yang  pelakunya berasal dari keluarga korban sendiri.

Tak heran jika banyaknya kasus-kasus tersebut mengundang masukan dan pendapat dari para pakar sosial terkait dengan kesalahan struktur masyarakat yang ada Indonesia terutama dalam hal kejahatan wanita yang terjadi.

Isi:
Bahkan walaupun Negara kita menerapkan undang-undang yang secara tegas menyebutkan bahwa akan menjerat para pelaku tindakan kriminal, akan tetapi penerapan hukuman yang seperti bahkan dinilai belum membuat para pelaku kapok atau jera dalam melakukannya kembali.

Beberapa pendapat dari pakar sosial memberikan kesimpulan bahwa kondisi yang seperti ini disebabkan oleh adanya stereotype yang terjadi di masyarakat. Sehingga hal tersebut dapat menimbulkan peningkatan tindakan kriminal pada wanita. Selain itu, Negara kita Indonesia juga menganut patriaki dimana kedudukan lelaki dinilai lebih tinggi dibandingkan wanita pada konstruksi sosialnya.

Sebenarnya pemerintah sudah menerapkan beberapa upaya guna untuk melakukan pencegahan tindakan kriminal misalnya seperti diadakannya sosialisasi pemberdayaan wanita, mengutamakan kebutuhan wanita di tempat umum, menyediakan gerbong kereta khusus wanita dan lain sebagainya. Namun ternyata, peraturan tersebut masih saja dilanggar oleh beberapa oknum.

Kesimpulan:
Karena lantaran sistem sosial patriaki sudah turun temurun dan berlangsung lama di Negara kita Indonesia. Hal ini membuat para wanita mau tidak mau wanita diharuskan mentaati seluruh aturan sosial walaupun lebih cara ini memang akan lebih condong kepada terjadinya diskriminasi gender.

Tidak hanya itu sistem tersebut juga mengarahkan wanita supaya selalu patuh dan takut kepada seorang pria. Jadi, dengan demikian apabila ada wanita yang melawan jika diperlakukan tidak ada oleh seorang pria maka tetap saja masyarakat menganggap perlawanan tersebut tidak seharusnya dilakukan oleh wanita yang sudah dinilai dan diklaim memiliki watak yang lemah lembut dan taat.


Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

Pemanasan Global dan Penyebab Hilangnya Hutan Lindung
Tesis:

Pemanasan Global adalah suatu keadaan yang mana suhu bumi menjadi semakin panas. Pemanasan global yang terjadi di bumi ini mengakibatkan berbagai dampak buruk pada kehidupan kita sebagai manusia misalnya seperti naiknya permukaan air laut karena mencairnya es di kutub hingga menipisnya ozon yang dapat menyebabkan sinar ultraviolet dapat langsung masuk ke bumi,.

Secara umum pemanasan global yang terjadi disebabkan karena banyaknya gas karbondioksida di atmosfer, sehingga kondisi yang seperti secara otomatis akan menyebabkan ozon semakin menipis.

Penyebab banyaknya gas karbondioksida yang ada di bumi ini terjadi karena ketidak seimbangan dengan jumlah pohon yang bisa menyerap karbondioksida. Bahkan tidak hanya itu, pada saat ini hutan-hutan juga sudah mulai di buka untuk lahan pertanian, perkebunan, atau bahkan juga dialih fungsikan dari hutan lindung menjadi sebuah hutan produksi.

Argumentasi:
Seperti yang kita tahu, beberapa tahun belakangan ini dunia juga sedang mengalami kenaikan suhu yang cukup parah bahkan hingga saat ini.

Pemanasan global ini juga terjadi karena banyaknya gas karbondioksida yang ada di atmosfer bumi. Pada umumnya gas kabondioksida yang ada di bumi tersebut berasal dari asap pabrik, atau dari kendaraan bermotor.

Ini masih kita lihat dari negara kita saja, coba bayangkan apa yang akan terjadi di Negara industri? Negara industri pastinya akan mempunyai pabrik yang lebih banyak dan secara otomatis gas karbondioksida yang berasal dari kegiatan pabrik industri tersebut.

Tak hanya itu, yang lebih parah lagi ada banyak hutan-hutan yang ada di dunia yang seharusnya dapat sedikit membantu mengurangi gas karbondioksida yang akan di bumi tidak dapat menjalankan perannya dengan baik karena sudah banyak hutan yang dialih fungsikan dan bahkan juga ditebang secara ilegal.

Penegasan ulang:
Pemanasan global yang pada saat ini sedang melanda bumi kita beberapa tahun ke belakang semakin parah terjadi. Hal ini salah satunya disebabkan karena banyaknya pabrik industri yang beroperasi sehingga dapat menimbulkan asap yang mengandung gas karbondioksida. Tidak hanya itu, asap dari kendaraan bermotor juga memiliki dampak negative terjadinya pemanasan global.

Selain itu, kondisi juga semakin diperparah dengan kondisi atau keadaan hutan yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Yang mana seharusnya hutan bisa berperan dalam mengurangi emisi gas malah banyak hutan yang ditebang.

Tidak hanya itu, pada saat ini juga sudah banyak dilakukan enebangan hutan dengan tujuan untuk dialihfungsikan sehingga hutan tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Alihfungsi hutan dari yang awalnya merupakan hutan lindung menjadi hutan konservasi pada saat ini sudah mulai banyak terjadi terutama di Negara kita sendiri Indonesia.


Contoh Teks Eksposisi tentang Politik

Pastikan Tidak Memilih Kepala Daerah yang Tidak Ramah Terhadap Alam
Tesis:

Dari dulu hingga saat ini eksploitasi yang dilakukan terhadap alam khususnya di Negara kita sendiri yaitu Indonesia sudah mencapai taraf yang menghawatirkan, alam telah rusak. Salah satu contoh penyebab kerusakan alam yang terjadi dan yang paling utama adalah akibat tambang.

Tambah adalah aktivitas yang menjadi penyebab utama karena kegiatan inilah yang paling banyak menyebabkan kerusakan pada alam. Namun, kita tidak bisa menyalahkan perusahaan pertambangan tersebut karena pertambangan karena tentu saja kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan tambang sudah mendapatkan izin tambang yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah. Dalam hal ini pemerintah daerah lah yang bertanggung jawab untuk menentukan boleh atau tidak suatu lokasi ditambang.

Argumentasi:

Alam adalah suatu bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan kita sebagai manusia.  Hal ini karena semua aktivitas yang kita lakukan seperti makan, minum, bernafas, dan hal lainnya yang menyangkut hidup kita berasal dari alam. Namun seperti yang kita ketahui pada saat ini di Indonesia telah banyak terjadi kerusakan lingkungan.

Salah satu penyebab utamanya adalah dilakukannya aktivitas pertambangan merupakan menjadi salah satu hal utama yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan.

Namun, seperti yang kita tahu bahwa aktivitas pertambangan yang terjadi hanya dapat dilakukan dengan adanya izin antara perusahaan tambang dan juga izin dari pemerintah daerah. Nah, secara umum di kebanyakan kasus izin pertambangan ini biasanya akan dilakukan secara kongkalikong antara perusahaan tambang dengan kepala daerah yang menjadi target pertambangan tersebut.

Nah, adanya kongkalikong ini biasanya terjadi ketika adanya pencalonan kepala daerah. Untuk bisa mengikuti pencalonan kepala daerah tentu saja akan membutuhkan banyak biaya yang cukup besar tentunya.

Hal ini dijadikan sebagai kesempatan oleh perusahaan tambang yang mana biasanya mreka  akan menawarkan bantuan dana untuk kampanye, namun dengan syarat jika calon kepala daerah tersebut berhasil jadi kepala daerah maka perusahaan tersebut juga harus diizinkan melakukan pertambangan di daerah yang sudah mereka incar sebelumnya. Strategi yang seperti ini tentu sudah bukan menjadi rahasia publik lagi lagi.

Jadi, pastikan Anda memilih calon kepala daerah yang ramah terhadap alam. Karena tidak hanya alam kita yang akan terjaga dan tetap lestari akan tetapi calon kepala daerah tersebut sudah pasti amanah karena tidak  mau menerima suap dari perusahaan tambang tertentu.

Penegasan ulang:
Kepala daerah memiliki kontrol yang sangat besar terhadap kelestarian lingkungan karena ia bertanggung jawab untuk memberikan izin. Termasuk juga izin eksploitasi alam,  misalkan seperti pertambangan yang juga harus mendapatkan ijin dari kepala daerah. Jadi, sebaiknya jangan pernah memilih kepala daerah yang tidak peduli kepada alam dan hanya memikirkan diri mereka sendiri dengan cara mengeksploitasi alam saja.


Contoh teks eksposisi tentang kesehatan

Olahraga Rutin Untuk Kesehatan Tubuh
Tesis:

Olahraga merupakan salah satu kegiatan atau aktivitas yang memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita. Dengan rajin berolahraga tubuh kita akan terasa lebih segar dan bugar kembali terutama jika seseorang sering melakukan olahraga.

Namun, walaupun demikian ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seseorang ketika akan melakukan olahraga yakni pastikan terlebih dahulu apakah jantungnya mampu di ajak untuk berolahraga dalam waktu lama atau tidak. Hal ini karena kondisi dari setiap orang itu tentu berbeda-beda. Ada orang yang memiliki jantung kurang kuat da nada pula orang yang memiliki jantung yang kuat dan sudah terlatih dalam melakukan berolahraga.

Argumentasi:
Olahraga adalah suatu kegiatan yang menyenangkan dan dapat dilakukan oleh setiap orang yang ingin melakukannya. Ada bermacam-macam olahraga yang dapat dilakukan seperti olahraga renang, lari, shit up, push up, dan masih banyak lagi olahraga yang dapat dilakukan yang lainnya.

Tidak hanya menyenangkan, olahraga tentu saja juga termasuk kegiatan yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Dengan melakukan olahraga secara rutin tubuh akan terasa lebih segar dan bugar kembali. Selain itu, olahraga juga bisa membuat suasana hati yang melakukannya menjadi senang, hal ini karena olahraga bermanfaat dan bisa melepaskan segala beban pikiran yang dirasakan oleh seseorang.

Olahraga juga dapat meningkatkan metabolism dalam tubuh manusia yang mana peningkatan metabolisme yang terjadi di dalam tubuh tersebut berguna untuk menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit kognitif, misalnya seperti penyakit penurunan sistem kerja otak bahkan hingga kepikunan.
Olahraga juga sangat disarankan oleh dokter untuk orang-orang yang menderita tekanan darah tinggi, yang mana penyakit tekanan darah tinggi tersebut bisa saja menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi tidak lancar dalam tubuh.

Nah, apabila seseorang yang menderita  tekanan darah tinggi ini melakukan olahraga yang teratur, maka hal tersebut secara otomatis akan membantu memperlancar aliran darah di dalam tubuhnya.
Bahkan secara otomatis kesehatan jantung kita juga akan ikut terjaga jika seseorang sering melakukan olahraga.

Namun tetap saja satu hal yang harus Anda ingat adalah perhatikan terlebih dahulu apakah jantung Anda kuat untuk diajak melakukan olahraga atau tidak. Misalnya seseorang yang memiliki penyakit jantung kemungkinan besar tidak akan kuat melaksanakan aktivitas olahraga berat misalnya seperti renang, lari dan aktivitas olahraga berat yang memicu detak jantung lebih cepat yang lainnya.

Sudah ada banyak kasu yang terjadi pada seseorang melakukan aktivitas olahraga yang tidak memperhatikan terlebih dahulu kekuatan dari jantungnya. Sehingga bukan malah mendapatkan tubuh yang sehat, mereka justru membuat penyakitnya menjadi bertambah buruk.

Bahkan tak jarang kita juga sering temui, orang yang pingsan secara tiba-tiba pada saat sedang berolah raga dan membuatnya harus dilarikan ke rumah sakit. Hal ini bisa saja terjadi karena sebelumnya mereka mempunyai riwayat penyakit jantung. Mereka akan terkena serangan jantung mendadak jika tubuhnya tidak kuat pada saat melakukan aktivitas yang sedikit menguras tenaga seperti olahraga.

Hal ini tentu berbeda dengan seseorang yang memiliki tubuh normal, kegiatan rolahraga tentu saja akan memiliki banyak manfaat untuknya. Bahkan olahraga yang dianjurkan oleh para ahli adalah minimal  satu kali dalam seminggu. Olahraga secara rutintersebut akan membuat tubuh kita sehat dan membuat tubuh kita juga terhindar dari berbagai macam penyakit. Karena olahraga bisa membuat tubuh kita meningkatkan sistem imun tubuh.

Penegasan ulang:
Olahraga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita sebagai manusia. Ada banyak manfaat olahraga yang akan dirasakan tubuh mulai dari akan membuat mood seseorang menjadi baik, meningkatkan metabolisme, menghindarkan dari berbagai penyakit, melancarkan peredaran darah, dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya.

Namun, walaupun olahraga memiliki banyak manfaat tak jarang kita bahkan akan menjumpai orang yang berolahraga malah berakhir di ranjang rumah sakit. Hal ini terjadi karena kesalahan mereka yang tidak memahami kondisi tubuhnya sendiri.

Misalnya saja orang yang menderita penyakit jantung, ia bahkan tidak akan  tidak akan kuat melakukan hal-hal tertentu yang dapat memacu kerja dari jantungnya termasuk berolahraga. Oleh karena itu, pastikan kondisi tubuh Anda berada dalam keadaan normal dan mampu untuk berolahraga yang menguras tenaga sebelum berolahraga.

Sekian informasi dan ulasan mengenai teks eksposisi mulai dari pengertian teks eksposisi, ciri, kaidah kebahasaan, struktur, jenis bahkan hingga contoh teks eksposisi secara lebih lengkap dan detail. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan pengetahuan Anda. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Teks Eksposisi, Ciri, Kaidah Kebahasaan, Struktur, Jenis dan Contoh Teks Eksposisi Lengkap dan Detail"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel