Pengertian Sistem Ekonomi, Fungsi, Macam dan Kriterianya

Sebagai masyarakat berbangsa dan bernegara, tentu kita sudah sering mendengar sistem ekonomi yang ada di masyarakat dan pemerintah. Namun, sebagian besar dari kita masih belum mengetahui pengertian sistem ekonomi, apa itu sistem ekonomi, fungsi sistem ekonomi, jenis hingga ciri-ciri sistem ekonomi. Oleh karena itu, untuk mengetahui secara jelas pengertian sistem ekonom, fungsi, jenis sekaligus kriterianya. Mari simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Sistem Ekonomi

Secara umum pengertian sistem ekonomi adalah cara yang digunakan oleh suatu Negara untuk menyelesaikan atau menghadapi suatu masalah di bidang ekonomi. Masing-masing Negara memiliki sistem ekonomi yang berbeda-beda. Hal ini tergantung dari situasi dan juga kondisi yang sedang terjadi para Negaranya.

Sedangkan, pengertian sistem ekonomi menurut para ahli adalah sebagai berikut.
  • Gilarso (1992:486)
Di dalam bukunya, Gilarso menjelaskan bahwa sistem ekonomi adalah keseluruhan tata cara yang digunakan untuk mengoordisikan perilaku dari masyarakat baik itu para produsen, konsumen, pemerintah, bank dan lain sebagainya dalam menjalankan kegiatan ekonomi yang meliputi produksi, distribusi, konsumsi, investasi dan sebagainya. Dengan begitu, maka akan terbentuk satu kesatuan yang teratur dan dinamis untuk menghindari kekacauan di bidang ekonomi.
  • McEachern
Menurut McEachern, sistem ekonomi adalah seperangkat mekanisme dan institusi untuk menjawabb pertanyaan apa, bagaimanan dan untuk siapa barang dan jasa di produksi atau what, how, and for whom.
  • Gregory Grossman dan M. Manu
Pengertian sistem ekonomi menurut Gregory Grossman dan M. Manu adalah sekumpulan komponen atau beberapa unsur yang terdiri atas unit-unit ekonomi, serta lembaga-lembaga ekonomi yang tidak hanya saing berhubungan dan berinteraksi akan tetapi juga saling menopang dan memengaruhi.

Pengertian Sistem Ekonomi, Fungsi, Macam dan Kriterianya


Fungsi Sistem Ekonomi

Setelah anda mengetahui apa itu sistem ekonomi, selanjutnya anda juga harus mengetahui apa fungsi sistem ekonomi. Secara umum, beberapa manfaat sistem ekonomi adalah sebagai berikut.
  • Sistem ekonomi berfungsi sebagai penyedia dorongan untuk berproduksi;
  • Sistem ekonomi memiliki fungsi untuk mengoordinasi kegiatan individu dalam suatu perekonomian;
  • Sebagai pengatur daam pembagian hasil produksi di seluruh anggota masyarakat agar bisa terlaksana seperti apa yang diharapkan;
  • Dalam mekanisme tertentu, sistem ekonomi memiliki peranan dalam menciptakan agar distribusi barang dan jasa dapat berjalan dengan baik.

Baca Artikel Lain : Pengertian Teks Prosedur


Macam-macam Sistem Ekonomi

Selain memiliki beberapa fungsi, sistem ekonomi juga terdiri dari beberapa jenis. Berikut macam-macam sistem ekonomi.
  • Sistem Ekonomi Tradisional
Sistem ekonomi tradisional merupakan suatu sisitem dalam suatu organisasi kehidupan ekonomi yang didasarkan pada kebiasaan, yakni berdasarkan pada tradisi masyarakat secara turun-temurun yang mengandalkan faktor produksi apa adanya. Kelebihan dari sistem ekonomi tradisional dibandingkan dengan sistem ekonomi yang lainnya adalah adanya semangat kekeluargaan dan kejujuran dari setiap individu dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
  • Sistem Ekonomi Terpusat (Sosialis)
Berbeda dengan sistem ekonomi tradisional, sistem ekonomi terpusat merupakan suatu sistem ekonomi di mana pemerintah memiliki kekuasaan yang dominan pada pengaturan kegiatan ekonomi. Hal ini menyebabkan adanya pembatasan kekuasaan terhadap kegiatan ekonomi yang dikerjakan oleh anggota masyarakat. Ada beberapa Negara yang menganut sistem ekonomi terpusat antara lain yaitu Rusia, RRC, dan negara-negara Eropa Timur (bekas negara Uni Soviet).
  • Sistem Ekonomi Liberal (Kapitalis)
Jika sistem ekonomi terpusat membatasi kegiatan ekonomi yang dilakukan masyrakat, maka sistem ekonomi liberal didasarkan atas kebebasan seluas-luasnya bagi seluruh masyarakat dalam kegiatan perekonomian tanpa adanya campur tangan daripada pemerintah. Landasan dari sistem ekonomi liberal ini  memiliki tujuan secara umum yakni untuk mencari keuntungan pribadi tanpa adanya pihak lain yang perlu dipertimbangkan.
  • Sistem Ekonomi Campuran
Sama halnya dengan namanya, pengertian sistem ekonomi campuran yaitu suatu sistem ekonomi yang di satu sisi pemerintah memberikan kebebasan kepada masyarakat untuk berusaha melakukan kegiatan ekonomi, namun di sisi lain pemerintah memiliki hak melakukan campur tangan dalam perekonomian. Hal ini bertujuan untuk menghindari penguasaan secara penuh dari segolongan masyarakat pada sumber daya ekonomi.

Ciri-ciri Sistem Ekonomi

Dari beberapa macam sistem ekonomi yang sudah dijelaskan diatas, masing-masing memiliki ciri sistem ekonomi yang berbeda. Berikut ciri-ciri sistem ekonomi dari beberapa macam sistem ekonomi tersebut.
  • Ciri Sistem Ekonomi Tradisional
Sistem ekonomi tradisional memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
-    Belum adanya permbagian kerja secara jelas;
-    Bergantung pada sektoor pertanian atau agraris;
-    Memiliki ikatan tradisi yang bersifat kekluargaan sehingga kurang dinamis;
-    Teknologi produksi masih sangat sederhana.
  • Ciri Sistem Ekonomi Terpusat
Ciri sistem ekonomi terpusat atau komando adalah sebagai berikut.
-    Seluruh kegiatan ekonomi yang dilakukan diatur dan juga ditetapkan oleh pemerintah baik dari segi produksi, distribusi, konsumsi hingga penetapan harga;
-    Tidak adanya kebebesan dalam berusaha karena hak milik dari perusahaan perorangan atua swasta tidak diakui;
-    Seluruh alat produksi dikuasai oleh pemerintah atau Negara.
  • Ciri Sistem Ekonomi Liberal
Ciri dari sistem ekonomi liberal adalah sebagai berikut.
-    Dalam sistem ekonomi ini, masyarakat diberi kebebasan untuk melakukan kegiatan perekonomian;
-    Memiliki kebebasan untuk memiliki barang modal (kaptal)
-    Dalam melakukan kegiatan ekonomi dilandasi dengan semangat untuk mencari keunutngan sendiri.
  • Ciri Sistem Ekonomi Campuran
Yang terakhir adalah ciri dari sistem ekonomi campuran yakni sebagai berikut.
-    Adanya pembatasan kepada para pihak swasta terhadap bidang-bidnag yang dapat menguasai hajat hidung orang banyak yang dikuasai oleh pemerintah;
-    Adanya campur tangan pemerintah terhadap mekanisme pasar yang dituangkan dalam kebijakan ekonomi;
-    Mengakui hak milik perseorangan asalkan penggunaanya tidak merugikan kepentingan umum.

Jadi, itulah beberapa pengertian sistem ekonomi, fungsi, macam-macam dan ciri dari sistem ekonomi. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Sistem Ekonomi, Fungsi, Macam dan Kriterianya"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel