Pengertian Metode Pembelajaran, Ciri-ciri dan Contohnya

https://www.pengertianteksprosedur.com/ - Pengertian metode pembelajaran secara umum adalah suatu cara (biasanya berupa kegiatan praktis) yang digunakan oleh seorang pendidik dalam mengoptimalkan proses belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Seorang pendidik akan mencari metode pembelajaran yang paling pas bagi anak didiknya, menyesuaikan kebutuhan dan karakter anak didik.

Pengertian Metode Pembelajaran, Ciri-ciri dan Contohnya

Dengan memilih metode pembelajaran yang tepat, anak didik akan lebih mudah mencerna materi. Jika pendidik mampu memilih metode pembelajaran yang tepat, kegiatan belajar akan bisa berjalan lebih efektif.

Pengertian Metode Pembelajaran Menurut Beberapa Ahli

Ada beberapa ahli yang mendefinisikan pengertian metode pembelajaran. Berikut pengertian menurut beberapa ahli tersebut :
  • Abdurrahman Ginting berpendapat bahwa metode pembelajaran merupakan sebuah pola khas yang memanfaatkan prinsip-prinsip pendidikan, teknik pendidikan, dan sumber daya terkait supaya dalam diri anak didik tersebut bisa benar-benar belajar.
  • Geriach Ely dalam bukunya yang berjudul “Strategi Dalam Proses Belajar” berpendapat bahwa pengertian metode pembelajaran adalah cara-cara pilihan pendidik untuk menyampaikan materi pelajaran di dalam lingkungan pengajaran tertentu, dimana hal tersebut meliputi sifat, lingkup dan juga urutan kegiatan yang nantinya akan mampu memberikan pengalaman belajar pada anak didik.
  • Salamun (Sudrajat, 2009:7) berpendapat bahwa metode pembelajaran adalah berbagai jenis cara berbeda untuk mencapai suatu hasil pembelajaran yang berbeda dengan keadaan atau kondisi yang berbeda pula.
Pendapat beberapa ahli mengenai pengertian metode pembelajaran ini membuat kita bisa memahami karakter dari metode pembelajaran.

Beberapa Contoh metode Pembelajaran

Metode pembelajaran berfokus pada cara praktis yang digunakan dalam proses pembelajaran. Jika mengamati guru yang mengajar di kelas, kita akan melihat beberapa cara berbeda yang diterapkan. Tiap guru memiliki cara sendiri menyesuaikan mata pelajaran yang diajarkan, siswa-siswa yang diajar, dan kondisi-kondisi lain.

Berikut beberapa contoh metode pembelajaran yang umum digunakan.
  • Metode ceramah
Metode ceramah dianggap sebagai metode yang tradisional. Metode ini ditandai dengan guru yang lebih banyak menyampaikan materi. Metode ini sudah diaplikasikan sejak jaman dulu. Metode ini dianggap sudah kurang efektif karena murid cenderung lebih pasif.

Meski demikian, metode ceramah masih bisa dikembangkan. Jika guru bisa menyampaikan materi dengan lebih menyenangkan, murid pasti akan mau memperhatikan setiap omongan guru.

Cara yang bisa digunakan untuk membuat metode ini lebih efektif misalnya mengkombinasikan penyampaian materi dengan cerita-cerita menyenangkan, atau perumpamaan-perumpamaan yang mudah dicerna oleh murid.
  • Metode eksperimen
Metode eksperimen ditandai dengan percobaan-percobaan yang dilakukan oleh murid. Murid baik secara individu atau berkelompok akan dilatih mengerti suatu hal dengan melakukan percobaan-percobaan tertentu.

Metode ini cukup efektif karena menyenangkan dan bisa memicu murid untuk lebih kreatif, inovatif dan mandiri. Metode ini juga akan menunjukan pada murid tentang dampak dari sebuah proses percobaan yang gagal. Dengan demikian murid juga bisa belajar bertanggung jawab dan mengenal resiko dari setiap hal.
  • Metode pemberian tugas
Pemberian tugas kelihatannya cukup membebani murid, tapi pada dasarnya pemberian tugas ini dimaksudkan supaya murid bisa mengembangkan materi yang sudah disampaikan oleh guru.

Setelah guru menjelaskan suatu bahasan, pemberian tugas bisa digunakan untuk mengukur seberapa jauh para murid memahami materi. Untuk mengerjakan tugas tadi, murid juga akan mencari referensi-referensi tertentu, nah dari situ wawasan murid juga bisa bertambah.
  • Metode diskusi
Metode ini adalah alternatif dalam mencari pemecahan masalah atau jalan keluar dari suatu masalah melalui beberapa gagasan yang di sampaikan oleh para siswa. Metode ini melatih para siswa untuk berfikir kreatif dalam hal pemecahan masalah.

Suatu masalah tidak sekedar memiliki satu jalan keluar pasti, dengan metode diskusi ini, siswa bisa belajar mengembangkan pikiran untuk bisa menyelesaikan suatu masalah. Metode ini juga mampu mengembangkan ide dari siswa, sehingga siswa bisa senantiasa memiliki gagasan pada setiap hal.
  • Metode latihan
Metode latihan biasanya memfokuskan pada pembentukan kebiasaan pada siswa. Dengan latihan terus menerus, siswa akan lebih memahami suatu kasus. Jika sudah terbiasa dalam penyelesaian suatu kasus, siswa akan melaksanakan tugas dengan cepat dan tepat.

Salah satu fokus yang disampaikan pada pengertian metode pembelajaran adalah bisa tercapainya tujuan pembelajaran. Dengan latihan yang benar, tujuan ini diharapkan bisa dicapai dengan lebih optimal.
  • Metode proyek
Metode ini memberikan kesempatan siswa untuk memanfaatkan hal-hal yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari untuk bahan belajar. Metode ini mengarahkan siswa supaya bisa menerapkan teori yang sudah diajarkan kedalam praktek nyata.

Ciri-ciri Metode Pembelajaran

Setelah mengetahui beberapa pengertian metode pembelajaran dari para ahli dan contoh-contoh metode pembelajaran yang umum digunakan, kita juga perlu mengetahui ciri-ciri metode pembelajaran yang baik dan seharusnya diterapkan. Berikut ciri-cirinya :
  • Bersifat fleksibel menyesuaikan daya paham murid terhadap suatu materi.
  • Bersifat fungsional yang bisa mengkombinasikan teori dan praktik dengan baik. Yang ingin dicapai adalah siswa bisa paham teorinya dan mengaplikasikannya secara nyata.
  • Memberikan kesempatan murid untuk menyampaikan gagasan dan bertindak secara kreatif.
Itu dia pengertian metode pembelajaran , contohnya, berikut ciri-ciri metode pembelajaran yang baik. Dengan memahaminya, diharapakan para guru bisa menerapkan metode pembelajaran ini dengan tepat sasaran dengan tujuan yang terukur.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Metode Pembelajaran, Ciri-ciri dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel