Pengertian Kebugaran Jasmani, Konsep, Unsur dan Manfaatnya

https://www.pengertianteksprosedur.com/ - Menjaga kesehatan tubuh merupakan satu hal terpenting dalam hidup kita sebagai manusia, terutama apabila kita melakukan banyak aktivitas rutin setiap harinya. Kesehatan dan kebugaran jasmania adalah satu hal yang sangat penting untuk dijaga karena hal tersebut akan menjadikan hidup kita lebih semangat setiap harinya.

Pengertian Kebugaran Jasmani, Konsep, Unsur dan Manfaatnya

Nah, untuk lebih jelasnya mengenai pengertian kebugaran jasmani, konsep, unsur dan manfaat kebugaran jasmani. Berikut akan kami jelaskan secara lebih detail dan lebih lengkap. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Kebugaran Jasmani

Pengertian kebugaran jasmani itu sendiri merupakan suatu kesanggupan tubuh untuk melakukan aktivitas tanpa mengalami kelemahan yang mana tubuh masih memiliki cadangan tenaga untuk melakukan aktivitas yang lainnya.

Menurut organisasi kesehatan di seluruh dunia, kesehatan atau kebugaran jasmani diartikan sebagai dua hal yakni sehat dan bugar.

Yang mana sehat disini maksudnya adalah terbebasnya tubuh dari segala penyakit baik secara fisik atupun mental. Sedangkan bugar adalah kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas sehari-hari secara maksimal dan masih memiliki cadangan tenaga dan energi tanpa mengalami rasa lelah yang berlebih ketika melakukan rutinitas atau aktivitas sehari-hari.

Jadi, hakikatnya pengertian kebugaran jasmani adalah suatu hak yang diperlukan oleh tubuh untuk mendapatkan kebugaran jasmani. Misalnya saja pada saat kita mengantuk, maka mata kita berhak untuk beristirahat sejenak.

Konsep Kebugaran Jasmani

Setelah mengetahui pengertian kebugaran jasmani, mari kita beralih pada konsep kebugaran jasmani. Jadi, konsep kebugaran jasmani itu sendiri sebenarnya tidak hanya menggambarkan masalah kesehatan saja. Namun konsep kebugaran jasmani lebih merupakan suatu cara mengukur individu melakukan kegiatan dan aktivitas sehari-hari.

Ada tiga hal yang sangat penting agar tubuh tetap bugar, yakni sebagai berikut.
  • Fisik
Fisik merupakan satu hal yang sangat penting dalam hal kebugaran jasmani. Fisik disini berhubungan dengan otot, tulang dan bagian lemak.
  • Fungsi Organ
Fungsi organ disini berhubungan dnegan efisiensi sistem jantung, pembuluh darah dan paru-paru atau pernafasan.
  • Respon Otot
Respon otot dalam hal kebugaran jasmani berhubungan dengan kecepatan, kelenturan, kelemahan dan juga kekuatan.

Kebugaran jasmani yang dibutuhkan oleh masing-masing individu berbeda-beda hal ini tergantung dari sifat dan tantangan fisik yang dihadapi.


Baca Artikel ini : Pengertian Teks Prosedur


Unsur-unsur Kebugaran Jasmani

Setelah anda mengetahui pengertian kebugaran jasmani dan konsepnya. Ada juga beberapa unsur kebugaran jasmani yang wajib anda ketahui. Nah, berikut beberapa 10 unsur komponen penyusun kebugaran jasmani.
  • Kekuatan (Strength)
Maksud dari kekuatan disinia dalah kemampuan daam hal mempergunakan otot untuk menerima beban sewaktu anda bekerja Kekuatan pada otot ini bisa anda dapatkan dengan cara latihan dengan menggunakan beban berat dan frekuensi sedikit.

Ada beberapa bentuk latihan kekuatan yang dapat anda lakukan misalnya seperti squat jump, push up, sit up, angkat beban dan baak up. Yang mana bentuk latihan tersebut sangat berguna untuk melatih kekuatan otot tungkai, perut dan otot lengan.
  • Daya Tahan (Endurance)
Maksud dari daya tahan dalam unsur kebugaran jasmani disini adalah kemampuan seseorang dalam memakai organ tubuhnya seperti jantung dan juga paru-paru secara efektif dan efisien dalam melakukan aktivitasnya.

Beberapa contoh latihan yang bisa anda lakukan untuk bisa meningkatkan daya tahan adalah lari 2,4 km, 12 menit, lari multistage, dan lari naik turun bukit.
  • Daya Otot
Daya otot atau biasa disebut dengan daya ledak otot adalah kemampuan seseorang dalam menggunakan kekuatan maksimum yang harus anda kerahkan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

Macam-macam latikan yang bisa anda lakukan adalah vertical jump, front jump dan side jump.
  • Kecepatan (Speed)
Kecepatan atau biasa disebut dengan speed adalah kemampuan seseoran dalam melakukan gerakan berkesinambungan dalam waktu yang singkat. Bentuk latihan yang bisa anda lakukan adalah berlari 50 sampai 200 meter.
  • Daya Lentur (Flexibility)
  • Kelincahan (Agility)
  • Koordinasi (Coordination)
  • Keseimbangan (Balance)
  • Ketepatan (Accuracy)
  • Reaksi (Reaction)
Beberapa hal diatas merupakan 10 unsur kebugaran jasmani yang dapat anda lakukan.

Manfaat Kebugaran Jasmani

Selanjutnya kami akan menjelaskan mengenai manfaat kebugaran jasmani. Memiliki tubuh yang sehat dan kebugaran jasmani memiliki beberapa manfaat yakni sebagai berikut ini.
  • Kebugaran jasmani dapat meningkatkan sirkulasi darah dan sistem kerja jantung;
  • Meningkatkan stamina dan kekuatan tubuh sehingga dengan begitu tubuh akan lebih energik;
  • Memiliki kemampuan untuk memulihkan organ dalam tubuh secara tepat setelah melakukan latihan;
  • Tubuh akan memiliki respon yang tepat;
  • Mengurangi dan menghindari risiko obesitas;
  • Mencegah terjadinya penyakit jantung yang sangat berbahaya;
  • Seseorang yang memiliki kebugaran jasmani dapat menurunkan tekanan darah tinggi;
  • Mengatasi stress dan depresi;
  • Meningkatkan energi positif dalam tubuh;
  • Terhindar dari pengeroposan tulang atau osteoporosis.
Ada banyak sekali manfaat kebugaran jasmani yang akan anda rasakan. Oleh karena itu pastikan anda terus menjaga kesehatan dan kebugaran jasmani anda.

Sekian informasi mengenai pengerti kebugaran jasmani, unsur, konsep dan manfaat kebugaran jasman. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Kebugaran Jasmani, Konsep, Unsur dan Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel