Pengertian Kalimat Definisi, Ciri, Contoh dan Perbedaannya dengan Kalimat Deskripsi

https://www.pengertianteksprosedur.com/ - Pengertian kalimat definisi dan kalimat deskripsi biasanya cukup membingungkan. Jika diamati secara sekilas, bentuk kedua kalimat ini agak mirip. Tapi jika mau lebih dalam memahami, kedua kalimat ini sangatlah berbeda. Mulai dari karakteristik dan strukturnya memiliki perbedaan, bahkan tujuan dari kalimat definisi dan deskripsi pun berbeda.

Pengertian Kalimat Definisi, Ciri, Contoh dan Perbedaannya dengan Kalimat Deskripsi

Kita harus bisa memahami kedua kalimat ini secara spesifik melihat dari karakter, struktur, dan tujuan dari penggunaan kalimat. Hal ini sangat dibutuhkan saat kita ingin membuat suatu karya tulis supaya hasilnya baik.

Mengenal Pengertian Kalimat Definisi

Jika dilihat dari etimologinya, kata definisi ini berasal dari bahasa Inggris yaitu definition. Pengertian kalimat definisi adalah rangkaian kalimat yang memberi suatu penjelasan dan batasan arti pada sebuah istilah. Dengan kata lain, pengertian kalimat definisi adalah kalimat yang sifatnya memberikan keterangan maupun penjelasan terhadap suatu obyek secara umum.

Kalimat definisi ini sering digunakan pada teks laporan ilmiah. Penggunaannya merujuk pada suatu istilah ilmiah atau istilah teknis tertentu. Karena tujuannya untuk menjelaskan suatu kata tertentu, dengan demikian kalimat definisi akan menerangkan dalam prespektif umum yang dimengerti banyak orang.

Dengan menggunakan kalimat definisi, pembaca akan bisa memahami maksud dari suatu kata tertentu. Jika dilihat dari strukturnya, ciri-ciri kalimat definisi yang cukup kelihatan adalah penggunaan kata “adalah” sebagai kata hubung.

Yang perlu menjadi catatan, kalimat definisi ini merujuk pada definisi atau arti dari suatu kata tertentu secara umum, tidak menggambarkan karakteristik khusus.

Mengacu pada pengertian kalimat definisi, struktur kalimat definisi juga bisa dirumuskan menjadi X=Y. X adalah suatu benda atau istilah tertentu yang ingin didefinisikan, sedangkan Y adalah definisi atau arti umum dari istilah tadi. Tanda = adalah kata penghubung.

Baca Artikel Lain : Pengertian Teks Prosedur

Kata penghubung yang umum digunakan yaitu kata “adalah”. Namun ada beberapa kata penghubung lain yang bisa digunakan sebagai alternatif, diantaranya : ialah, merupakan, termasuk, digolongkan.

Ciri-Ciri Kalimat Definisi

Ada beberapa ciri dari kalimat definisi. Ciri-ciri dari kalimat definisi adalah :
  • Menjelaskan makna atau arti dari suatu obyek.
  • Penjelasannya bersifat umum, tidak merujuk pada ciri khusus dari obyek yang ingin dijelaskan.
  • Biasanya ditemukan pada laporan-laporan ilmiah.
  • Banyak digunakan untuk menjelaskan istilah-istilah asing.
  • Saat kalimatnya dibalik, makna dari kalimat ini tidak akan mengalami perubahan.
Contoh Kalimat Definisi
Ada beberapa contoh dari kalimat definisi. Berikut contohnya :
  • -    Lingkungan hidup adalah segala hal yang berada disekitar atau sekeliling manusia dan memiliki suatu hubungan timbal balik.
  • -    Psikologi ialah sebuah ilmu yang mempelajari kejiwaan manusia secara spesifik dan mendalam.
  • -    Buaya termasuk salah satu hewan purba yang masih hidup hingga saat ini.
  • -    Karnivora adalah sebutan bagi kelas binatang pememakan daging.
  • -    Herbivora adalah sebutan bagi kelas binatang pemakan tumbuhan.
Sesuai dengan pengertian kalimat definisi, beberapa contoh diatas memiliki satu kata atau obyek yang ingin dijelaskan (Lingkungan hidup, Psikologi, Buaya, Cagar alam, Karnivora, herbivora) dan juga penjelasannya. Penjelasannya juga merujuk pada pengertian umum, tidak menyampaikan karakteristik khusus.

Perbedaan Kalimat Definisi dan Kalimat Deskripsi

Saat kita memahami pengertian kalimat definisi, disitu ditekankan bahwa kalimat definisi tidak menunjukan karakteristik khusus dari suatu obyek yang ingin diterangkan. Nah, kalimat deskripsi bisa dibilang adalah kebalikan dari kalimat definisi karena kalimat deskripsi menekankan pada penjelasan karakteristik khusus.

Kalimat deskripsi adalah suatu susunan kalimat yang menerangkan ciri-ciri spesifik atau khusus dari suatu obyek, dimana ciri-ciri yang disampaikan bisa ditangkap oleh panca indra manusia misalnya ukuran, bentuk, warna, rasa, dll. Biasanya kalimat deskripsi digunakan sebagai pengiring kalimat definisi.

Ciri-ciri dari kalimat deskripsi yang bisa menjadi penenda perbedaannya dengan kalimat definisi adalah :
  • Menerangkan ciri-ciri khusus.
  • Dari hasil penerangan ciri-ciri khusus tersebut, bisa membuat pembaca membayangkan obyek tersebut, seolah melihat langsung.
  • Makna kalimat deskripsi akan berubah, jika struktur kalimat dibalik.
Ada beberapa contoh dari kalimat deskripsi, berikut contohnya :

-    Buaya memiliki gigi yang tajam dan kulit yang teksturnya kasar dan kuat.
-    Karnivora biasanya memiliki gigi tajam yang berfungsi untuk mengoyak daging yang dimakannya.
-    Psikologi rata-rata digeluti oleh perempuan.
-    Suatu kota dengan lingkungan hidup sehat yang mana terdapat banyak pohon, sungai yang bersih, jalanan yang lancar, akan membuat manusia yang tinggal di dalamnya lebih bahagia.

Kedua jenis kalimat ini bisa diaplikasikan secara beriringan. Contohnya :

Psikologi ialah sebuah ilmu yang mempelajari kejiwaan manusia secara spesifik dan mendalam. Psikologi rata-rata digeluti oleh perempuan.

Kalimat pertama adalah kalimat definisi yang menjelaskan arti kata psikologi. Kalimat kedua menguatkan penjelasan dengan memberikan gambaran yang bisa dilihat mata bahwa rata-rata yang menggeluti psikologi adalah perempuan.

Setelah mengerti pengertian kalimat definisi dan kalimat deskripsi beserta contoh penggunaannya, semoga kita bisa lebih mudah membedakan kedua jenis kalimat ini.

Jika kita bisa memahami penggunaan kedua kalimat ini dengan baik, karya tulis yang kita hasilkan juga akan lebih baik lagi.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Kalimat Definisi, Ciri, Contoh dan Perbedaannya dengan Kalimat Deskripsi"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel