Pengertian Globalisasi, Penyebab dan Dampaknya

Pengertianteksprosedur.com/ - Pada saat seperti sekarang ini, anda pasti sudah sangat sering mendengar kata globalisasi. Nah, pertanyaannya anda sudah paham belum apa itu globalisasi?

Sebagian orang mungkin ada yang kurang paham mengenai pengertian globalisasi, walaupun kata tersebut sering diucapkan dan sering di dengar. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai pengertian globalisasi, penyebab dan dampaknya di kehidupan kita. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Globalisasi

Secara bahasa globalisasi terdiri dari dua kata yaitu kata global yang artinya dunia dan kata lization yang artinya proses. Oleh karena itu, pengertian globalisasi secara bahasa adalah suatu proses yang mendunia.

Pengertian globalisasi juga sudah dijelaskan oleh beberapa ahli yakni sebagai berikut.

  • Anthony Giddens
Menurutnya pengertian globalisasi adalah suatu hubungan sosial yang mendunia kemudian terhubung satu dengan yang lainnya sehingga antara kejadian dari tempat yang berbeda yang nantinya akan berdampak juga di tempat yang lainnya.

  • Laurance E. Rothernberg
Ia menyebutkan bahwa pengertian globalisasi adalah percepatan dari intensifikasi, interaksi dan integrasi antara orang-orang, perusahaan hingga pemerintah dari Negara yang berbeda.

  • Martin Albrow
Menurutnya pengertian globalisasi adalah seluruh proses penduduk yang terhubung ke dalam suatu komunitas tunggal maupun global.

  • Malcom Waters
Menurut malcom waters, globalisasi menyebabkan adanya batasan geografis dan budaya menjadi samar dalam pikiran seseorang karena semuanya menjadi satu.

  • Mansour Fakih
Sedangkan menurut Mansour Fakih, globalisasi sendiri ditandai dengan semakin majunya peran pasar, investasi dan bidang ekonomi secara global yang saling berhubngan satu dengan yang lainnya.
 
Jadi, secara umum pengertian globalisasi dapat diartikan sebagai proses menyeluruh atau mendunia yang mana setiap orang tidak akan terikat oleh Negara atau batas-batas wilayah.

Pengertian Globalisasi, Penyebab dan Dampaknya

Yang artinya setiap individu bisa terhubug dan saling bertukar informasi dimanapun mereka berada dan kapanpun baik melalui media elektronik ataupun media cetak. Tidak hanya itu, globalisasi juga bisa menjadikan suatu Negara lebih kecil karena adanya kemudahan dalam berkomunikasi antarnegara dalam berbagai bidang misalnya seperti pertukaran informasi ataupun perdagangan.


Baca Juga : Pengertian Teks Prosedur


Faktor Penyebab Globalisasi

Globalisasi tentunya tidak serta merta terjadi dan ada beberapa faktor penyebab globalisasi. Nah, setelah anda mengetahui pengertian globalisasi, selanjutnya kami akan menjelaskan mengenai faktor penyebab globalisasi yakni sebagai berikut

  • Perkembangan Teknologi dan Informasi
Adanya perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi yang akan berdampak pada mudahnya melakukan transaksi keuangan yang terjadi di seluruh Negara. Hal ini juga yang menjadi penyebab globalisasi, selama beberapa waktu terakhir ada banyak sekali perkembangan dalam bidang teknologi yang berkaitan langsung dengan transaksi keuangan yang akan memudahkan anda  untuk melakukan transaksi. Tidak hanya di Negara kita sendiri namun juga antarnegara.

  • Banyaknya Kerja Sama Internasional
Penyebab globalisasi yang kedua adalah karena banyaknya kerjasama internasional yang dapat memudahkan dilakukannya transaksi keuangan sebelumnya yang dilakukan oleh berbagai macam Negara. Sehingga dengan begitu, melalui sektor ekonomi inilah yang akan membuat banyaknya produk uar negeri masuk ke dalam negeri dan juga sebaliknya.

  • Kemudahan Transportasi
Adanya kemudahan transportasi juga menjadi penyebab globalisasi. Hal ini juga masih berkaitan dengan penyebab sebelumnya yakni dengan adanya sistem pengiriman yang maju akan menyebabkan masyarakat lebih mudah dalam mengirimkan barang kemanapun tanpa ada batasan jarak.

  • Ekonomi Terbuka
Penyebab globalisasi yang selanjutnya adalah karena Negara-negara yang ada di dunia sudah mulai sangat terbuka terutama dalam bidang ekonomi. Sehingga hal tersebut mendorong adanya perdagangan global yang juga diterima dengan terbuka dan menyebabkan berbagai macam produk saling bertukar antara satu dengan lainnya dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

Adanya produk-produk itu tentunya juga akan mengandung budaya dan unsur dari negera lain yang memengaruhi budaya di dalam Negara kita sendiri. Tidak hanya itu, globalisasi juga terjadi disebabkan oleh pasar uang pada saat ini yang sudah sangat mendunia dan menjadikan transaksi keuangan dalam satu Negara menjadi lebih besar lagi.

Jadi, kesimpulannya segala penyebab globalisasi ini adalah kegiatan ekonomi antar Negara yang semakin terbuka sehingga memudahkan Negara-negara yang ada di dunia untuk bisa saling berinteraksi, menjalin kerjasama dalam berbagai bidang yang membuat masukanya budaya baru, pengetahuan baru dna hal-hal baru dari luar negeri ke dalam negeri. Oleh karena itu kita harus bijak dalam mengatasinya.

Pengaruh atau Dampak Globalisasi

Adanya globalisasi yang terjadi pada saat ini tentunya juga akan memiliki dampak globalisasi dalam berbagai sektor di masyarakat. Nah, berikut ini dampak negatif globalisasi dan dampak positif globalisasi.

Dampak Positif Globalisasi
Berikut beberapa dampak positif globalisasi.
  • Memudahkan kita dalam memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan;
  • Kehidupan sosial ekonomi menjadi lebih meningkat;
  • Kemajuan yang ada dalam bidang teknologi, komunikasi, transportasi dan informasi memudahkan seluruh masyarakat di dunia.

Dampak Negatif Globalisasi
Selain memiliki dampak positif, globalisasi juga memiliki dampak negatif yakni sebagai berikut.
  • Budaya barat dapat dnegan mudah masuk dan mempengaruhi nilai budaya lokal;
  • Lunturnya nilai kebudayaan misalnya seperti gotong royong dan lain sebagainya;
  • Meningkatnya polusi udara dan rusaknya lingkungan sekitar
  • Maraknya penyelundupan barang-barang illegal hingga barang yang terlarang.

Itulah informasi mengenai pengertian globalisasi, penyebab dan dampaknya. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Globalisasi, Penyebab dan Dampaknya"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel