Pengertian Federasi dan Konfederasi serta Perbedaan Keduanya

Pada saat berada di bangku sekolah atau bagi Anda yang sedang berada di bangku sekolah Anda akan menemukan materi mengenai pengertian federasi dan konfederasi. Kedua hal tersebut yakni federasi dan konfederasi merupakan suatu konsep yang ada dalam sistem politik yang berbeda serta memiliki fokus pada sistem administrasi suatu Negara atau antar Negara.

Pengertian Federasi dan Konfederasi serta Perbedaan Keduanya

Sistem federasi biasanya diterapkan dalam suatu sistem administrasi di antara sub-wilayah dalam suatu negara sedangkan hal ini berbeda dengan konfederasi yang merupakan suatu sistem yanga ada di  beberapa negara bagian.

Selain itu, keanggotaan negara anggota yang ada dalam sistem federasi juga tidak bersifat sukarela. Berbeda dengan konfederasi yang sistemnya bersifat sukarela. Oleh karena itulah mengapa para anggota konfederasi bisa menarik keanggotaan mereka kapan saja, sedangkan federasi tidak bisa.

Jadi, intinya perbedaan utama yang membedakan antara Federasi dan Konfederasi adalah bahwasanya kedaulatan para anggota dalam federasi tidak ada lagi pembentukan sementara, sedangkan para anggota yang ada dalam konfederasi dapat mempertahankan kekuasaan berdaulat mereka setelah konfederasi dibentuk.

Untuk lebih jelasnya berikut akan kami jelaskan secara lebih rinci mengenai pengertian federasi dan konfederasi agar Anda lebih mengerti.   

Pengertian Federasi

Dasar dari konsep federasi merupakan sebuah sistem yang mengatut politik federalisme dalam suatu Negara. Pengertian federasi adalah sebuah entitas politik yang dicirikan oleh penyatuan sebagian provinsi.

Sistem ini secara umum akan mengatur diri sendiri, negara bagian, hingga wilayah lain di bawah pemerintah pusat (federal). Pada umumnya konsep federasi akan diterapkan oleh negara bagian dengan wilayah besar dan memiliki banyak provinsi.

Jadi dengan kata lain sistem federasi sendiri merupakan suatu bentuk pemerintahan yang mana kekuasaan berdaulat membagi otoritas pusat dan daerah-daerah konstituen lainnya secara formal. Hal ini tentu akan lebih membantu pemerintah untuk mempertahankan kendali atas daerah-daerah konstitusional lainnya, namun juga harus tetap memperhatian internal mereka serta urusan eksternal mereka.

Dalam sistem ini akan dibuat sebuah konstitusi tertulis yang diterima yang berisikan tentang pembagian kekuasaan antara konstituen dan pemerintah pusa. Hal ini juga sudah dilakukan setelah melakukan kesepakatan awal dengan para pemimpin sub-wilayah yang bertujuan sebagai  kepentingan bersama, tujuan bersama, dll. Hal ini memang sangat perlu dilakukan untuk menghindari dan mengurangi perbedaan di antara mereka. Selain itu juga bertujuan untuk mendorong mereka untuk berdiri dengan tujuan bersama sebagai satu baru negara.

Namun walaupun demikian para anggota konstituante baik yang ada di provinsi ataupun di daerah lain  yang kehilangan kekuasaan berdaulat di bawah sistem yang mengatur ini. Mereka tetap dapat sampai hingga ke taraf tertentu. Mereka masih bisa menikmati pemerintahan secara independen yang berkenaan dengan hukum, tradisi dan kebiasaan yang terpisah serta yang lainnya.

Hal ini berbeda dengan kehidupan para anggota federasi terikat yang pada umumnya lebih ditekankan untuk menghormati otoritas pemerintah pusat, terutama mengenai masalah pertahanan, masalah militer dan keamanan. Tidak hanya itu, anggota federasi juga harus taat dan juga menghormati beberapa hal seperti kebijakan luar negeri, hubungan internasional dan diplomasi, masalah ekonomi seperti nilai mata uang, dan lainnya. Adapun contoh Negara yang menerapkan sistem federasi yakni seperti Rusia, India, Kanada, AS, Cina, dan Australia.

Pengertian Konfederasi

Setelah Anda tahu pengertian federasi, berikutnya kami akan menjelaskan mengenai pengertian konfederasi. Jadi, pengertian konfederasi adalah suatu persatuan Negara-negara yang menjaga kedaulatan mereka, yang mana pada umumnya para anggota terkadan mengadopsi Konstitusi secara umum.

Dengan kata lain, pengertian konfederasi dapat diartikan sebagai suatu persatuan lepas dari beberapa negara berdaulat. Dimana beberapa Negara anggota federasi tersebut selalu mempertahankan kekuasaan berdaulat mereka bahkan setelah pembentukan konfederasi sekalipun.

Hal ini berarti bahwa, bahkan setelah membentuk serikat pekerja para negara anggota juga akan meneruskan identitas kedaulatan mereka dengan kebijakan politik dan ekonomi yang tetap otonom.

Jadi, dalam suatu sistem konfederasi para Negara anggotanya akan menciptakan persatuan longgar atau sementara baik untuk urusan-urusan politik, ekonomi hingga kenyamanan administratif. Dalam hal ini para Negara konfederasi mengembangkan beberapa pertahanan umum dan kebijakan luar negeri serta beberapa masalah lain yang menjadi kepentingan bersama sesama anggota.

Jadi, dapat diartikan bahwa Negara yang menganut sistem konfederasi bukanlah negara baru tetapi persatuan negara otonom yang berbeda untuk tujuan tindakan kolektif, sering mengenai negara lain.
Dalam sistem konfederasi ini setiap negara-negara anggota akan berkumpul di bawah payung organisasi untuk beberapa tujuan tertentu dan hanya bersifat sementara.

Oleh karena itu, dalam memenuhi tujuan mereka dalam sebuah organisasi yang sifatnya hanya sementara, konfederasi kemungkinan bisa bubar atau negara-negara anggota dapat melepaskan diri dari serikat pekerja.

Tidak hanya itu, suatu resolusi yang dapat di sahkan oleh organisasi pusat konfederasi juga tidak menyangkut status hukum. Para anggota lebih bersifat akademis untuk mengatasinya dan juga berusaha untuk mencapai tujuan bersama mereka. Jadi, dengan begitu mereka para anggota konfederasi tidak perlu ditegakkan oleh pengadilan yang ada di negara-negara anggota. Hal ini tentu berbeda dengan para anggota federasi.

Perbedaan Antara Federasi dan Konfederasi

Nah, dari penjelasan mengenai pengertian federasi dan konfederasi maka dapat disimpulkan bahwa berikut beberapa perbedaan antara federasi dan konfederasi dilihat dari beberapa hal.
  • Definisi
    • Federasi
      Federasi merupakan suatu entitas politik negara-negara regional atau konstituen yang menjadi satu dalam satu kelompok dengan kontrol terpusat.
    • Konfederasi
      Konfederasi merupakan suatu persatuan yang lebih atau kurang permanen dari negara berdaulat. Kelompok ini lebih mengutamakan kepentingan bersama dan kenyamanan politik, ekonomi hingga kenyamanan administratif.
  • Otoritas Pusat
    • Federasi
      Sistem pemerintahan federal pada umumnya akan mengatur negara-negara anggotanya untuk bertindak karena berperan sebagai otoritas pusat federasi.
    • Konfederasi
      Otoritas pusat yang ada dalam pemerintah konfederasi biasanya merupakan badan nominal yang lemah yang ditunjuk oleh negara-negara anggota.
  • Negara Baru
    • Federasi
      Sistem federasi akan menciptakan negara baru.
    • Konfederasi
      Sedangkan hal ini berbeda dengan pemerintah sistem konfederasi yang tidak menciptakan negara baru.
  • Kedaulatan
    • Federasi
      Negara-negara anggota dalam federasi dikendalikan oleh otoritas pusat sehingga pada umumnya mereka akan kehilangan kedaulatan mereka.
    • Konfederasi
      Sedangkan megara-negara anggota dalam konfederasi tetap mempertahankan kedaulatan mereka bahkan pada saat sesudah persatuan mereka. Hal inilah yang menjadi perbedaan utama dari kedua sistem ini.
  • Keanggotaan
    • Federasi
      Dalam hal keanggotaan para anggota dalam federasi tergolong wajib.
    • Konfederasi
      Hal ini berbeda dengan konfederasi yang keanggotaannya bersifat sukarela kepada negara-negara bagian.
  • Konstitusi
    • Federasi
      Sistem pemerintah federasi pada umumnya memiliki konstitusi tertulis.
    • Konfederasi
      Sedangkan sistem pemerintah konfederasi tidak memiliki konstitusi tertulis.
  • Asosiasi
    • Federasi
      Sistem pemerintah federasi merupakan suatu serikat kaku.
    • Konfederasi
      Sedangkan sistem konfederasi lebih atau kurang merupakan suatu persatuan longgar.
  • Contoh
    • Federasi
      Beberapa contoh Negara yang menerapkan sistem  federasi adalah China, Rusia, AS, Austria, Belgia, Australia, Jerman, dan lainnya.
    • Konfederasi
      Sedangkan beberapa contoh Negara yang menerapkan sistem konfederasi adalah UE, Konfederasi Rhine, Konfederasi Swiss Lama, Konfederasi Pribumi di Amerika Utara, dan lainnya.
Jadi, itu dia penjelasan mengenai pengertian federasi dan konfederasi. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Federasi dan Konfederasi serta Perbedaan Keduanya"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel