Pengertian Data, Fungsi dan Jenis-jenis Data

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai data. Ya, data merupakan suatu hal yang penting dan banyak digunakan untuk melakukan penelitian atau hal penting lainnya. Oleh karena itu, karena data merupakan suatu hal yang sangat penting dan selalu berkaitan dengan kehidupan kita sehari-hari.

Pengertian Data, Fungsi dan Jenis-jenis Data

Kami akan menjelaskan secara lebih lengkap mengenai pengertian data hingga fungsi dan jenis-jenis data berikut ini.

Pengertian Data Menurut Para Ahli

Sebelum membahas mengenai pengertian data secara umum, berikut akan kami jelaskan pengertian data menurut para ahli yang berbeda-beda.
  • Arikunto
    Menurut Arikunto pengertian data adalah semua fakta dan juga angka yang bisa dijadikan sebagai sebuah bahan yang berguna untuk menyusun sebuah informasi.
  • Kuswadi dan E. Mutiara
    Pengertian data berikutnya disampaikan oleh Kuswadi dan E. Mutiara yang menyebutkan bahwa data merupakan suatu kumpulan informasi yang diperoleh dari suatu pengamatan, dapat berupa lambang, angka, atau sifat.
  • Selamet Riyadi
    Data menurut pendapat dari tokoh Selamet Riyadi adalah kumpulan informasi yang diperoleh dari pengamatan, data dapat berupa angka-angka atau lembang-lambang.
  • Supriyanto dan Ahmad Muhsin
    Menurut supriyanto dan Ahmad muhsin berpendapat bahwa data merupakan bahan baku dari suatu informasi atau simbol yang mewakili kuantitas, tindakan benda fakta, dan lainnya.
  • Kristanto
    Kristanto menyebutkan bahwa pengertian data adalah suatu fakta mengenai objek yang dapat mengurangi derajat ketidakpastian baik dalam hal keadaan dan kejadian.
  • Zulkifli A.M
    Pengertian data menurut Zulkifli A.M adalah suatu keterangan, bukti dan juga fakta tentang suatu kenyataan yang masih belum di olah atau bersifat mentah (original).
  • Lia Kuswayatno
    Data adalah sebuah kejadian yang benar-benar terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Pengertian data yang satu ini disampaikan oleh Lia Kuswayatno.
  • Anhar
    Anhar berpendapat bahwa data adalah suatu kenyataan yang menggambarkan sebuah kejadian dan merupakan kesatuan nyata. Yang mana nantinya data ini akan digunakan sebagai bahan dasar suatu informasi.
  • H. J. Sriyanto
    Pengertian data yang terakhir disampaikan oleh H.J Sriyanto yang menyebutkan bahwa data merupakan suatu keterangan atau informasi tentang objek penelitian.

Pengertian Data Secara Umum

Jadi, dalam beberapa pengertian data menurut para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya data adalah sekumpulan informasi atau juga keterangan-keterangan dari suatu hal yang diperoleh baik melalui pengamatan yang dilakukan atau pencarian ke sumber-sumber tertentu.

Dimana data yang sudah ditemukan tersebut bisa saja menjadi sebuah anggapan atau fakta, hal ini karena data yan diperoleh adalah data mentah yang belum diolah dengan lebih lanjut.

Baru setelah data diolah melalui penelitian atau percobaan, Anda bisa mengetahui suatu data tersebut menjadi suatu bentuk yang lebih kompleks misalnya seperti database, informasi atau juga bahkan solusi untuk menyelesaikan masalah tertentu.

Pengertian data dilihat dari segi bahasa kata adalah data, kata ini diambil dari kata datum yang berasal dari Bahasa Romawi yang memiliki arti sebagai sesuatu yang diberikan.

Jadi, pengertian data yang sesungguhnya memiliki arti diberikan bukan memberikan, sebab apabila  memberikan maka data itu sudah menjadi informasi yang baku dan pastinya data tersebut sudah diakui kebenarannya.

Nah, pada umumnya istilah data sering kita temui pada budang komputer atau dalam suatu lingkup  penelitian. Dalam bidang komputer pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah database maupun juga software pengolah data.

Sedangkan jika dalam lingkup penelitian, data merupakan suatu hal yang wajib ada di setiap penelitian. Hal ini karena peneliti pada umumnya harus mencari data terlebih dahulu agar bisa melanjutkan penelitian atau observasi dikaji secara lebih lanjut dan akhirnya akan diperoleh hasil penelitian. Biasanya data akan banyak Anda temukan dalam bidang pendidikan seperti pembuatan jurnal ataupun skripsi.

Fungsi Data

Setelah mengetahui pengertian dan definisi data diatas, sebenarnya sudah terlihat dengan jela apa fungsi data sebenarnya. Mungkin Anda sering mendengar istilah data tersebut dalam bidang komputer ataupun juga penelitian, namun sebenarnya pada dasarnya hampir data dapat ditemukan dan dibutuhkan di segala macam aspek kehidupan itu membutuhkan.

Data adalah landasan utama bagi para peneliti yang akan melakukan penelitian. Sedangkan dalam penggunaan bidang komputer juga demikian, data juga hampir selalu dilibatkan dan kemudian diolah untuk dapat memecahkan masalah. Jadi, dari beberapa hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa fungsi data secara umum adalah sebagai berikut.
  • Data berguna untuk membuat dan mengambil keputusan terbaik didalam memecahkan sebuah masalah,
  • Data juga dapat dijadikan sebagai dasar suatu perencanaan ataupun penelitian,
  • Data merupakan suatu landasan atau acuan dalam tiap-tiap implementasi suatu kegiatan atau aktivitas dan terakhir
  • Data ternyata juga berfungsi sebagai bahan evaluasi.

Jenis-Jenis Data

Karena data hampir selalu ada dalam segala macam aspek kehidupan, maka tidak heran jika data sendiri digolongkan menjadi beberapa jenis kelompok. Ada banyak parameter untuk mengelompokkan jenis data seperti  jenis data berdasarkan sifatnya, data berdasarkan sumbernya, data berdasarkan waktu pengambilan dan jenis data lainnya. Berikut jenis-jenis data secara lebih jelas dan lengkap.
  • Berdasarkan sumbernya
Jenis data yang pertama dikelompokkan menurut sumbernya. Jadi, menurut sumbernya data dibagi menjadi 2 jenis. Maksud dari data menurut sumbernya ini adalah sebuah data yang diperoleh dari cara yang berbeda.

Data menurut sumbernya dibagi menjadi 2 jenis yakni data primer dan data sekunder. Data primer merupakan sebuah data yang disebut juga sebagai data asli yang didapatkan dari sumber – sumber tertentu yang didapat sebagai objek penelitian. Sedangkan data sekunder atau biasa disebut dengan data tambahan ini sendiri biasanya diperoleh dari sumber-sumber terdahulu misalnya seperti buku, jurnal, skripsi dan lainnya.
  • Berdasarkan sifat-sifatnya
Data juga dapat dikelompokkan dengan berdasarkan pada sifatnya yakni data kualitatif dan juga data kuantitatif. Bahkan kedua jenis data ini juga sering digunakan pada saat melakukan penelitian. Data kualitatif biasanya akan banyak kita jumpai dalam bentuk verbal, symbol atau gambar. Sedangkan data kuantitatif lebih mengarah kepada suatu data berupa angka atau secara terbilang.
  • Berdasarkan waktu pengambilannya
Data berdasarakan pada waktu pengambilannya atau pengumpulannya dibagi menjadi 2 jenis yakni data berkala dan data cross section. Data berkala merupakan sebuah data yang dikumpulkan secara berkala yang biasa kita temukan dalam aktivitas atau kegiatan survey penduduk.

Sedangkan data cross section merupakan sebuah data Selanjutnya suatu data ini juga dapat dikelompokkan dengan berdasarkan waktu pengambilan atau pengumpulannya. Secara umum data berdasarkan hal ini dibagi menjadi dua jenis yakni data berkala dan juga data cross section.

Data berkala ini dapat kita temukan dalam kegiatan atau aktivitas survey penduduk, data kebutuhan penduduk dalam setahun terakhir. Sedangkan untuk data cross section adalah sebuah data yang dikumpulkan pada waktu tertentu ini misalnya seperti data hasil ujian siswa yang diperoleh setelah ujian selesai dilaksanakan.

Itu dia penjelasan mengenai pengertian data, fungsi hingga jenis-jenis data. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Data, Fungsi dan Jenis-jenis Data"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel