Pengertian dan Perkembangan Kolonialisme, Sejarah dan Dampaknya di Indonesia

https://www.pengertianteksprosedur.com/ - Sebelum merdeka, bangsa Indonesia di jajah oleh para penjajah kolonial. Pada masa sebelum terjadinya kemerdaan ini sering disebut dengan masa kolonialisme. Biasanya Anda akan mempelajari materi pekembangan kolonialisme ini pada mata pelajaran sejerah kelas IX atau kelas 2 SMA.

Pengertian dan Perkembangan Kolonialisme, Sejarah dan Dampaknya di Indonesia

Nah, bagi Anda yang masih belum paham apa itu kolonialisme dan bagaimana perkembangan kolonialisme di Indonesia, tidak perlu khawatir karena pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai hal tersebut secara lengkap mulai dari perkembangan, sejarah hingga dampak kolonialisme yang ada di Indonesia.

Pengertian dan Perkembangan Kolonialisme

Sebelum membahas mengenai perkembangan kolonialisme, sejarah dan dampak kolonialisme, pertama Anda harus mengerti terlebih dahulu apa itu kolonialisme. Pengertian kolonialisme adalah suatu sistem yang mana suatu negara menindas atau menguasai sumber daya dan rakyat atau masyarakat dari negara lain.

Namun, walaupun demikian mereka masih tetap berhubungan dengan negara asal. Istilah kolonialisme ini memberikan kesan kepada para anggota himpunan dan dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai alat untuk mempromosikan sistem yang digunakan, terutama kepercayaan terhadap moral pengkoloni yang terkesan lebih hebat jika dibandingakan dengan yang dikolonikan.

Di Indonesia sendiri, negara kolonilasme pertama yang pernah ada ialah Spanyol dan Inggris. Para pendukung dari kolonialisme ini memiliki pendapat bahwa hukum kolonial dapat menguntungkan negara yang dikolonialkan yakni dalam hal memajukan infrastruktur ekonomi serta politik yang sangat di butuhkan untuk memodernisasikan dan demokrasi.

Mereka menunjukan hal tersebut dengan membandingkannya terhadap Negara yang pernah dikoloni seperti Amerika Serikat, Selandia Baru, Australia, Hongkong dan Singapura yang meraih kesuksesan pasca-kolonialisme.

Perkembangan Kolonialisme Di Indonesia

Pada saat terjadinya revolusi Industri pada saat itu, hal ini memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap perekonomian. Terutama pengaruhnya yang cukup besar dalam perekonomian yang ada di kawasan Eropa yang sudah mendorong negara-negara Barat untuk melakukan penjelajahan samudera pada saat itu. Penjelajahan ini dilakukan tidak lain adalah dengan tujuan untuk mencari daerah yang akan dijadikan jajahan.

Nah, pada beberapa tempat-tempat yang sudah berhasil dikuasai, para penjelajah tersebut melakukan eksploitasi secara besar-besaran terhadap sumber daya alam dan juga sambil lalu memasarkan hasil industri dari negaranya.

Sebelum melakukan penjajahan, pada awal kedatangannya para penjelajah yang menemukan daerah baru dan mendarat di suatu tempat, memperkenalkan dirinya sebagai pedagang. Jadi, mereka secara perlahan melakukan interaksi perdagangan dengan penduduk pribumi, bahkan juga ada di antara mereka yang mendirikan pemukiman (koloni).

Masuknya Kolonialisme Di Indonesia

Sejarah perkembangan kolonialisme di Indonesia awalnya terjadi pada saat Vasco da Gama yang berasal dari portugis berlayar ke Negara India yakni sekitar tahun 1498. Ia awali penjelajahannya dari pencarian jalan ke Timur untuk mencari sumber rempah-rempah dan pada saat itu juga perlombaan dalam mencari tanah jajahan dimulai.

Setelah Portugis dan Spanyol pada saat itu berkuasa selanjutnya penjajahan juga diikuti oleh pihak Inggris dan Belanda yang berlomba-lomba dalam mencari daerah penghasil rempah-rempah yang melimpah dan juga untuk berusaha menguasainya.

Baca Artikel ini : Pengertian Hukum Perdata Secara Umum

Pada awalnya memang penguasan wilayah dilakukan hanya untuk kepentingan ekonomi, namun pada akhirnya kekuasaan tersebut beralih menjadi penguasa/penjajah politik yang juga ikut campur tangan untuk menyelesaikan pertikaian, perang antar saudara, dan juga yang lainnya.

Hal ini mereka lakukan karena kuasa kolonial tersebut ingin menjaga kepentingan mereka yakni perdagangan yang mereka lakukan dari pergolakan politik lokal yang terjadi karena dapat menggangu kelancaran perdagangan mereka. Pada saat itu, kolonilisme berkembang sangat pesat setelah terjadinya perang dunia I. Pada umumnya, sejarah perkembangan kolonilisme Eropa dibagi menjadi 3 tingkatan yakni sebagai berikut.
  • Datangnya para pengusaha Eropa seperti Portugis dan Spanyol terjadi mulai dari abad 15 sampai Revolusi industry (1763).
  • Kemudian, setelah itu para kolonialisme berkembang dengan sangat pesat setelah Revolusi Industri hingga tahun 1870-an.
  • Mulai dari tahun 1870-an hingga tahun 1914 tepatnya pada saat meletusnya Perang Dunia I yang merupakan puncak pertikaian kuasa-kuasa imperialis perkembangan kolonialisme semakin bertambah pesat.

Dampak Perkembangan Kolonialisme di Indonesia

Setelah terjadinya perkembangan kolonialisme, tentunya secara otomatis akan ada dampak yang terjadi di Negara yang dijajah. Termasuk di Negara Indonesia yang juga merasakan dampak kolonialisme yang terjadi.

Nah berikut ini, dampak perkembangan kolonialisme yang ada di Indonesia secara umum.
  • Bidang Politik
Disadari atau tidak, bentuk pemerintahan yang ada di Negara kita pada saat ini adalah  “warisan” dari pemerintahan kolonial Belanda. Pada zaman dahulu, sistem kepemimpian yang ada di Negara kita adalah pamong praja dan berlaku jabatan secara turun temurun.

Setelah datangnya kolonial, pada saat itu Daendels dan Raffles kemudian mengubahnya menjadi pemerintahan yang lebih modern. Pada saat itu, Bupati dijadikan sebagai pegawai negeri yang memiliki gaji. Bupati sendiri merupakan alat kekuasaan, hal ini secara perlahan membuat elit kerajaan kurang leluasa dalam pergerakan politik.
  • Bidang Sosial Budaya
Jika dibidang politik adanya kolonialisme memiliki dampak positif, lain halnya dengan bidang sosial budaya. Kedatangan kolonialisme malah membuat buruk sosial budaya Negara Indonesia. Kolonial Belanda yang berkuasa pada saat itu secara sengaja membuat kasta antargolongan. Yang mana bagi mereka, bangsa Eropa merupakan kasta yang paling tinggi kemudian baru disusul Asia, Timur Jauh, dan, kasta terendah adalah kaum pribumi.

Tak hanya itu, pada masa kolonial juga terjadi penindasan dan pemerasan secara kejam. Upacara adat di istana-istana kerajaan dihilangkan pada saat itu, dan mereka menggantinya dengan tradisi pemerintahan Belanda.
  • Pengaruh Belanda Terhadap Karya Sastra Di Indonesia
Pada bidang karya sastra, kebiasaan pemerintah Kolonial yang menggunakan bahasa Belanda membawa pengaruh tersendiri. Sedikit banyak Bangsa Indonesia memiliki bahasa serapan yang berasal dari bahasa Belanda.

Tak hanya itu, pada tahun 1659 Belanda juga memperkenalkan Pengaruh lain dari Belanda ada pada karya sastra kita. Belanda yang memperkenalkan surat kabar untuk membantu dalam penyebaran informasi.
  • Bidang Ekonomi
Pada masa kolonialisme, pemerintah Belanda yang ada di Indonesia juga ikut andil dalam pembuatan pembangunan rel kereta dan jalan raya dengan tujuan untuk mencari rempah-rempah. Tak hanya itu, bahkan mereka juga ikut membangun waduk dan saluran irigasi.
  • Bidang Pendidikan
Di bidang pendidikan, Pemerintah Kolonial berhasil memanfaatkan rakyat Indonesia untuk dijadikan sebagai pegawai administrasi yang terdidik, terampil, namun dibayar dengan harga yang sangat murah. Pada saat itu, Belanda menyusun kurikulum pengajarannya sendiri hingga abad ke-19.

Namun permasalahannya adalah Belanda membuat sekat dan kasta juga dalam bidang pendidikan yang mana akses untuk pendidikan ini dibatasi oleh mereka. Hal ini mereka lakukan karena merasa takut jika rakyat Indonesia terlalu pintar, dan kita bisa bersatu untuk menggulingkan kekuasaan mereka. Oleh karena itu, hanya orang yang berada saja yang bisa masuk sekolah misalnya seperti keturunan raja, bangsawan, dan pengusaha kaya.

Lama-kelamaan hal ini membuat para rakyat Indonesia menjadi geram dan muali bermunculan  akademisi yang mementingkan pendidikan di Indonesia. Mulai dari muncul dan bedirinya Budi Utomo, lalu masuknya pendidikan berbasis agama seperti Muhammadiyah yang didirikan oleh Ki Hajar Dewantara.

Jadi, itu dia informasi mengenai perkembangan kolonialisme, sejarah hingga dampaknya di Indonesia. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda, terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Perkembangan Kolonialisme, Sejarah dan Dampaknya di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel