Ini Dia Sejarah Bahasa Indonesia Terlengkap yang Wajib Anda Ketahui

https://www.pengertianteksprosedur.com/ - Setiap Negara memiliki bahasa nasionalnya sendiri-sendiri, begitu juga dengan Negara kita. Ya, bahasa nasional Negara Indonesia sendiri adalah Bahasa Indonesia. Siapa sangka ternyata setiap bahasa yang ada di beberapa Negara memiliki sejarahnya masing-masing. Begitu juga dengan Bahasa Indonesia yang kita gunakan sehari-hari.

Sejarah Bahasa Indonesia Terlengkap

Ya, bahasa Indonesia tidak serta merta terbentuk begitu saja. Pastinya ada beberapa hal yang mendasarinya. Nah, bagi Anda yang tidak tahu mengenai hal tersebut pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai sejarah bahasa Indonesia yang kita gunakan sehari-hari sebagai bahasa nasional. Langsung saja mari kita simak ulasannya secara lengkap.

Awal Mula Adanya Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia mirip sekali dengan bahasa melayu yang biasanya digunakan oleh masyarakat Malaysia. Hal ini karena memang bahasa indonesia secara umum berasal dari bahasa melayu. Ya, bahasa melayu pernah digunakan dozaman sebelumnya lebih tepatnya pada zaman kerajaan sriwijaya.

Bahas melayu banyak digunakan pada saat ini sebagai bahasa penghubung antar suku pada plosok nusantara. Tidak hanya itu, bahasa melayu juga sering digunakan sebagai bahasa perdagangan yang biasanya digunakan antar pedagang di dalam suatu nusantara ataupun di luar nusantara.

Hingga akhirnya secara perlahan bahasa melayu menyebar ke pelosok nusantara bersamaan dengan penyebaran agama islam sehingga semakin kokoh keberadaannya. Bahasa melayu sangat mudah untuk diterima oleh masyarakat nusantara pada saat itu, hal ini karena bahasa melayu cukup mudah dimengerti sehingga banyak digunakan sebagai bahasa penghubung antar suku, antar pulau, antar pedagang, dan juga antar kerajaan.

Sejarah Bahasa Indonesia

Awal mula adanya bahasa Indonesia adalah berasal dari bahasa melayu yang biasanya digunakan oleh para pedagang pada zaman Sriwijaya. Bahkan tidak hanya untuk berdagang, bahasa melayu juga digunakan sebagai bahasa kebudayaan, yaitu bahasa buku  pelajaran agama Budha. Karena sering digunakan oleh masyarakat khususnya para pedagang bahasa melayu pada akhirnya digunakan sebagai bahasa perhubungan antar suku di Nusantara.

Perkembangan dan pertumbuhan bahasa melayu tampak semakin jelas terlihat dilihat dari beberapa peninggalan-peninggalan kerajaan islam, baik peninggalan benda yang berupa batu tertulis, seperti tulisan pada batu nisan di Minye Tujah, Aceh, berangka yang ada sejak tahun 1380 M. Tak hanya itu, bahasa melayu juga banyak ditemukan di hasil-hasil sastra (abad ke-16 dan ke-17), misal seperti syair yang dibuat oleh Hamzah Fansuri, sejarah melayu, Tajussalatin, hikayat raja-raja Pasai dan Bustanussalatin.

Hal ini juga diperkuat dengan adanya keputusan dari Kongres Bahasa Indonesia II pada tahun 1954 di Medan yang menyatakan bahwa bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu. Jadi, sudah jelas bahwa Bahasa Indonesia tumbuh dan berkembang dari bahasa Melayu yang sudah ada sejak zaman dulu dan juga sudah dipergunakan sebagai bahasa perhubungan (lingua franca) tidak hanya di Kepulauan Nusantara saja akan tetapi juga hampir di seluruh Asia Tenggara.

Jenis-jenis Bahasa Melayu menjadi Bahasa Indonesia

Secara umum Bahasa Melayu yang nantinya akan menjadi bahasa Indonesia terdiri dari dua jenis yaitu:
  • Melayu Pasar
Jenis bahasa melayu yang satu ini memiliki ciri bahasanya yang sangat lentur, sebab sangat mudah dimengerti dan ekspresif dengan toleransi kesalahan sangat besar. Tidak hanya itu, jenis bahasa melayu pasar ini juhga mudah menyerap istilah-istilah lain dari berbagai bahasa yang digunakan para penggunanya.
  • Melayu Tinggi
Jenis bahasa melayu tinggi biasanya digunakan oleh kalangan keluarga kerajaan di sekitar Sumatera, Jawa, dan Semenanjung Malaya di masa lalu. Bentuk bahasa melayu ini lebih sulit dibandingkan dengan bahasa melayu pasar karena penggunaannya sangat halus, penuh sindiran, dan tidak seekspresif Bahasa Melayu Pasar.

Baca Juga : Pengertian Hukum Perdata
 

Alasan Bahasa Melayu Dipilih Menjadi Bahasa Indonesia

Pastinya terdapat beberapa alasan mengapa bahasa melayu yang dipilih menjadi bahasa Indonesia. Adapun beberapa alasan mengapa bahasa melayu dipilih untuk dijadikan sebagi bahasa Nasional disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.
  • Bahasa melayu sudah merupakan lingua franca di Negara Indonesia yakni sudah merupakan bahasa perhubungan dan bahasa perdangangan yang biasa diucapkan antar individu pada saat itu.
  • Sistem bahasa Melayu sangat sederhana sehingga sangat mudah dipelajari. Hal ini karena dalam bahasa melayu tidak dikenal adanya tingkatan bahasa (bahasa kasar dan bahasa halus).
  • Bahasa melayu diterima menjadi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional oleh semua suku baik itu suku jawa, suku sunda dan suku suku yang lainnya dengan sukarela.
  • Bahasa melayu dapat digunakan sebagai bahasa kebudayaan yang memiliki arti yang luas.
  • Perkembangan bahasa melayu semakin pesat tepatnya terjadi pada tahun 1928. Ketika itu, para pemuda dari berbagai pelosok Nusantara berkumpul dan berikrar yang dikenal dengan sumpah pemuda. Dalam sumpahnya mereka membacakan kalimat:
  • Bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia
  • Berbangsa yang satu, bangsa Indonesia, dan
  • Menjunjung bahasa  persatuan,  bahasa Indonesia.
Sejak saat itulah bahasa Indonesia di akui sebagai bahasa Nasional secara Yuridis. Jadi, Bahasa Indonesia dinyatakan kedudukannya sebagai bahasa Negara atau bahasa nasional tepat pada tanggal 18 Agustus 1945. Hal ini tercantum di dalam Undang-Undang Dasar 1945 (Bab XV, Pasal 36) disebutkan bahwa Bahasa negara ialah bahasa Indonesia.

Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia pada Masa Pra-kemerdekaan

Jadi, pada dasarnya seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa Bahasa Indonesia itu sendiri berasal dari bahasa Melayu. Yang mana bahasa Melayu di pakai sebagai bahasa penghubung antar suku di Nusantara pada zaman Sriwijaya. Bahasa melayu juga digunakan sebagai bahasa perdagangan antara pedagang dari dalam Nusantara dan dari luar Nusantara.

Bahkan pada saat itu, perkembangan bahaa Melayu di Indonesia mempengaruhi dan mendorong tumbuhnya rasa persaudaraan dan rasa persatuan bangsa Indonesia. Hal ini membuat para pemuda Indonesia sepakat untuk mengangkat bahasa Melayu menjadi bahasa indonesia menjadi bahasa persatuan untuk seluruh bangsa Indonesia tepat pada tanggal 28 oktober 1928 yang dikenal dengan hari sumpah pemuda.

Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia pada Masa Pasca-kemerdekaan

Bahasa melayu memiliki perkembangan yang cukup pesat karena dianggap sebagai bentuk resmi bahasa Melayu yang digunakan oleh Kesultanan Malaka atau disebut dengan bahasa Melayu Tinggi tepat setelah masa kemerdekaan tepatnya pada abad ke-15. Penggunan bahasa melayu tinggi ini hanya terbatas pada kalangan keluarga kerajaan di sekitar Sumatera, Jawa, dan Semenanjung Malaya.

Lalu, pada akhir abad ke-19 pemerintah kolonial Hindia-Belanda melihat bahwa bahasa Melayu (Tinggi) dapat mereka gunakan untuk membantu administrasi bagi kalangan semua pegawai pribumi. Nah, pada saat inilahm mulai terbentuk bahasa nasional kita yakni bahasa Indonesia yang kemudian secara perlahan terpisah dari bentuk semula bahasa Melayu Riau-Johor.

Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia Masa Reformasi

Perkembangan bahasa Indonesia pada era reformasi ditandai dengan hal-hal berikut ini.
  • Munculnya Bahasa Media Massa atau biasa disebut dengan bahasa Pers:
  • Memiliki penambahan jumlah kata singkatan atau akronim;
  • Penggunaan istilah-istilah asing atau bahasa asing yang ada di dalam surat kabar.
Pada masa ini bahasa Indonesia mengalami perkembangan jumlah kata yang mana pada saat itu pers telah berjasa dalam memperkenalkan istilah baru, kata-kata dan ungkapan baru misalnya seperti kata KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme), proaktif, kroni, konspirasi, arogan, rekonsiliasi, hujat, provokator, makar, dan sebagainya.

Hingga saat ini penggunaan Bahasa Indonesia bahkan sudah mulai bergeser menjadi bahasa kedua setelah Bahasa Inggris ataupun bahasa gaul. Hal ini juga dipengaruhi oleh media iklan maupun artis yang menggunakan istilah baru yang dapat dikatakan menyimpang dari kebenaran cara berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

Itu dia perkembangan sejarah bahasa Indonesia. Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan Anda, terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Ini Dia Sejarah Bahasa Indonesia Terlengkap yang Wajib Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel