Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Benar Wajib Anda Tahu!

Pengertianteksprosedur.com - Sebelum membahas mengenai contoh surat pengunduran diri, kami akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu surat pengunduran diri. Jadi, surat pengunduran diri merupakan surat yang berisi tentang keterangan formal yang menyampaikan dan menyatakan bahwa seseorang hendak mengundurkan diri dari suatu instansi perusahaan tempat anda bekerja sekarang.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Benar

Ada beberapa alasan yang membuat seseorang berhenti, keluar atau mundur dari jabatannya, misalnya saja mengenai visi dan misi dari tempat kerja yang sudah tidak sesuai lagi dengan diri mereka, faktor lingkungan kerja yang sudah tidak kondusif atau mungkin karena perusahaan anda bekerja akan mengalami pailit atau gulung tikar.

Fungsi Surat Pengunduran Diri/ Surat Resign

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai contoh surat pengunduran, akan lebih baik jika anda mengetahui apa fungsi surat pengunduran diri atau surat resign sebenarnya. Berikut beberapa fungsi surat pengunduran diri.
  • Untuk menentukan jelas atau tidaknya status seseorang dalam sebuah instansi atau perusahaan terutama status anda sebagai karyawan.
  • Memberikan kesempatan bagi perusahaan tempat anda bekerja untuk mencari pengganti anda setelah menerima surat pengunduran diri yang dibuat.
  • Mengakhiri proses anda dalam bekerja dengan perusahaan
  • Berguna untuk sarana anda dalam rangka mengundurkan diri dari perusahaan secara resmi
  • Surat pengunduran diri yang dibuat akan menunjukkan pada perusahaan bahwa anda ini merupakan seseorang yang professional, baik sikap, etika, dan moral
  • Berguna untuk menjadi sarana dalam hal menunjukkan pada perusahaan bahwa anda loyal, datang baik-baik, dan keluar pun juga dengan cara yang baik-baik.

Format Surat Pengunduran Diri Kerja / Surat Resign 

Sebenarnya bentuk atau format surat pengunduran diri sangat simple dan sederhana. Semakin sederhana surat pengunduran yang anda buat maka akan semakin baik. Namun, meskipun demikian anda tetap harus memperhatikan etika, karena pengunduran diri seseorang merupakan hal yang kurang disukai oleh instansi atau perusahaan manapun.

Secara sederhana surat pengunduran diri terdiri dari beberapa hal atau poin penting berikut ini.
  1. Waktu tanggal dan tempat surat resign
  2. Biasanya diletakkan di sebelah kanan atas surat.
  3. Nama dan alamat tujuan surat
  4. Bisa berada di sebelah kanan atau kiri atas surat. Namun, berada di bagian kiri lebih menguntungkan.
  5. Isi surat pengunduran diri
  6. Tanda tangan dan nama terang, serta
  7. Materai.
Sekarang sudah paham kan? Selanjutnya langsung saja bareng kita simak contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar sesuai dengan EYD atau Ejaan Yang Disempurnakan.

Baca Juga : Pengertian Teks Prosedur


Contoh Surat Pengunduran Diri atau Surat Resign

Contoh surat pengunduran diri berikut ini dapat Anda gunakan sebagai panduan dalam membuat surat  untuk resign atau keluar dari pekerjaan lama Anda.

Surat pengunduran diri atau yang kita sebut resign letter merupakan surat yang digunakan untuk mengundurkan diri dari sebuah pekerjaan tempat kerja kita. Seperti yang sudah kami jelaskan tadi, bahwa banyak alasan seseorang mengundurkan diri dari perusahaan tersebut.

Mungkin karena sudah mendapatkan pekerjaan lain yang lebih baik, karena faktor gaji, atau faktor lingkungan yang sudah tidak kondusif.

Berikut contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar yang bisa anda jadikan sebagai referensi ketika bingung membuatnya.

Kepada Yth,

Manager PT. Pratama Mandiri

Jl. Basuki rahmat No.43

Banyuwangi

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Ronald Vernandes bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Pratama Mandiri sebagai staff Keuangan, terhitung sejak tanggal 29 Maret 2018.

Saya mengucapkan terimakasih banyak kepada perusahaan atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Pratama Mandiri. Selain itu, saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT.

Pratama Mandiri apabila ada salah baik sengaja ataupun tidak sengaja yang telah saya lakukan selama bekerja di perusahaan ini. Saya berharap selalu, PT. Pratama Mandiri dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik kedepannya.

Hormat Saya,

Ronald Vernandes


Tips Membuat Surat Pengunduran Diri


Setelah anda mengetahui contoh dari surat pengunduran diri yang sudah dijelaskan diatas, berikut akan kami jelaskan mengenai beberapa tips membuat surat pengunduran diri yang harus anda perhatikan.
  • Dalam menulis surat pengunduran diri sebaiknya tidak asal-asalan, karena mencerminkan kepribadian Anda.
  • Kesopanan harus diperhatikan. Jangan memperburuk keadaan dengan menulis kekesalan dan ketidak-puasan selama bekerja. Sebaiknya tetap tulislah kata-kata yang sewajarnya.
  • Pastikan anda menuliskan surat pengunduran diri tersebut beberapa hari atau sebulan sebelum Anda keluar. Hal ini bertujuan agar perusahaan tersebut menemukan pengganti posisi Anda.
Selain surat pengunduran diri, contoh surat lamaran kerja juga bisa Anda gunakan sebagai referensi dalam mendapatkan pekerjaan baru. Sebaiknya pertimbangkan dulu secara matang apakah Anda benar-benar siap keluar dari pekerjaan tersebut.

Apbila anda sudah memiliki tekat yang bulat, maka Anda bisa menulis surat pengunduran diri seperti contoh surat pengunduran diri diatas.

Semoga contoh surat pengunduran diri atau contoh surat resign tersebut bermanfaat dan bisa anda jadikan referensi untuk anda. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Benar Wajib Anda Tahu!"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel