Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Job Seeker Wajib Baca!

Pengertianteksprosedur.com - Seiring dengan banyaknya angka kelulusan setiap tahunnya, makin banyak juga angka pengangguran sehingga setiap kali ada peluang kerja selalu saja dibanjiri oleh para pelamar atau pencari kerja.

Bursa kerja memang masih populer sebagai tempat mencari lowongan kerja. Ada banyak lowongan kerja yang bisa anda coba misal instansi populer seperti BUMN dan Bank.


Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Nah, bagi anda yang sedang bingung bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Berikut ini contoh surat lamaran yang bisa Anda gunakan untuk melamar pada instansi seperti BUMN dan Bank.

Contoh Surat Lamaran Kerja BUMN PT. Pertamina

Contoh surat lamaran kerja BUMN berikut ini bisa Anda gunakan untuk melamar kerja pada badan usaha milik negara PT. Pertamina. Contoh surat lamaran kerja memang diperlukan bagi Anda yang masih kebingungan dalam menulis format surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Karena surat lamaran kerja memiliki peran yang sangat penting dan dapat menentukan untuk dipanggil pada tahap selanjutnya atau tidak.

Berikut Contoh Surat Lamaran Kerja BUMN khususnya instansi yang paling populer yaitu PT Pertamina.

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.,

General Manajer

PT Pertamina (Persero)

Jalan Medan Merdeka Timur No 1A Gedung Annex Lantai 9

Jakarta 10110

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya iklan lowongan pekerjaan dari PT Pertamina (Persero), seperti yang termuat di harian suara merdeka bulan Agustus 2018. Dengan ini Saya mengajukan diri untuk bergabung di PT Pertamina (Persero) Jakarta yang bapak/ibu pimpin.

Berikut ini data pribadi saya:.

Nama                : Octavian

Tempat dan Tanggal Lahir    : 17 Agustus 1990

Pendidikan Akhir         : S1 Akuntasi

Alamat                 : Jalan Merdeka No. 17, Jakarta

No Telepon/HP            : 088191000018

e-mail                 : octav@gmail.com

Status Perkawinan         : Belum Kawin

Kesehatan jasmani dan rohani yang saya miliki sangat baik. Saya juga dapat berbahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan dengan baik. Latar belakang pendidikan saya Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia Jakarta.

Saya juga memiliki kemampuan membuat laporan keuangan yang baik. Saya pernah bekerja di PT. Indofood sebagai Staff Manager Keuangan dan terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer. Terutama mengoperasikan MS Office, seperti Excel, Word, Acces, PowerPoint, OutLook, juga internet, maupun surat-menyurat dalam Bahasa Inggris ataupun Bahasa Indonesia.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
  • Foto copy KTP
  • Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai.
  • Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
  • Daftar Riwayat Hidup.
  • Pas foto terbaru.
Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan untuk bisa melanjutkan ke tahap wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih detail mengenai potensi diri saya. Sangat besar harapan saya untuk bisa bergabung di PT Pertamina Persero Jakarta.
Demikian surat lamaran ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu berikan saya ucapkan terima kasih.

    Hormat saya,


    (Nama Pelamar)


Baca Juga : Pengertian Teks Prosedur


Contoh Surat Lamaran Kerja Di Bank Mandiri

Setelah anda mengetahui mengenai contoh surat lamaran BUMN PT. Pertamina, selanjutnya kami akan menjelaskan mengenai contoh surat lamaran kerja di Bank Mandiri. Contoh Surat Lamaran Bank berikut ini bisa Anda gunakan sebagai contoh atau referensi dalam menulis surat lamaran kerja.

Tidak hanya PT Pertamina saja, namun lowongan kerja di Bank jugasangat menjanjikan dan tidak sedikit yang mengincar posisi tersebut. Hal ini karena  gaji bulanan sebagai karyawan Bank dianggap dapat memberikan kemakmuran dan dapat menghidupi seluruh keluarga. Sehingga tak heran jika setiap ada lowongan pekerjaan terutama di Bank pasti diserbu oleh para pencari kerja yang kebanyakan merupakan lulusan terbaru atau fresh graduated.

Bagi anda yang masih merasa bingung bagaimana menulis format surat lamaran kerja di Bank yang sesuai, Anda dapat menyalin surat lamaran berikut ini untuk melamar pada Bank Mandiri berikut ini agar lebih mudah dan bisa anda sesuaikan dengan data diri anda.

Kepada Yth

HRD Bank Mandiri

Jember

Jl. Ahmad Yani 14 Jember

Up. Bagian SDM

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan adanya informasi lowongan kerja di Bank Mandiri Banyuwangi untuk bagian Cliring Officier, maka dengan ini saya :

Nama Lengkap        : Shita Purnama

Tempat/Tanggal Lahir    : Jember, 12 Mei 1990

Alamat            : Jl. Gajah Mada No.17 Jember

No Telp            : 087 889 232 xxx

Status            : Belum Menikah

Pendidikan TerakhiR    : S1 Akuntansi

IPK Terakhir                 : 3,94

Mengajukan diri untuk melamar posisi tersebut. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
  • Curriculum Vitae.
  • Foto copy ijazah S1 dan transkip nilai.
  • Foto copy KTP yang masih berlaku.
  • Pas photo berwarna terbaru.
Demikian surat lamaran yang saya buat, besar harapan saya untuk bisa bergabung di perusahaan PT Bank Mandiri yang bapak/ibu pimpin. Saya pasti akan melakukan yang terbaik untuk Perusahaan PT Bank Mandiri ini. Atas perhatian dan kebijaksanaan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Shita Purnama

Setelah Anda menyalin dan menyesuaikan dengan data-data pribadi Anda, jangan lupa cek lagi berkas-berkas dan dokumen yang dibutuhkan dalam melamar pekerjaan tersebut.

Jangan sampai ada yang terlewatkan satupun karena surat lamaran ini menentukan apakah Anda masuk ke tahap berikutnya untuk interview atau tidak. Semoga contoh surat lamaran kerja BUMN PT Pertamina dan Bank Mandiri diatas bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Job Seeker Wajib Baca!"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel