Contoh Kata Pengantar Makalah dan Skripsi yang Baik dan Benar, Mahasiswa Wajib Tahu!

Pengertianteksprosedur.com - Kata pengantar merupakan sebuah bagian dari penulisan seperti makalah, laporan, tugas akhir, skripsi, tesis bahkan tulisan fiksi sekalipun. Namun, kata pengantar yang baik wajib diketahui bagi siapa saja  yang sering bergelut dengan karya tulis.

Contoh Kata Pengantar Makalah dan Skripsi yang Baik dan Benar

Banyak orang yang mencari kata pengantar yang baik dan benar baik contoh kata pengantar proposal, kata pengantar skripsi, contoh kata pengantar karya tulis hingga contoh kata pengantar karya ilmiah yang lainnya.

Bagian Kata Pengantar yang Baik dan Benar

Beberapa dari anda mungkin masih merasa bingung bagaimana cara membuat kata pengantar yang baik dan benar. Berikut beberapa bagian yang harus ada pada kata pengantar baik contoh kata pengantar makalah, skripsi atapun karya ilmiah yang lainnya.

Isi Kata Pengantar
 
Kata pengantar biasanya akan terdiri dari ucapan rasa syukur kepada sang maha pencipta serta beberapa ucapan terimakasih kepada guru, dosen ataupu pihak terkait hingga instansi tekait sekalipun.

Kata Tambahan
 
Tidak hanya terdiri dari ucapan syukur dan terimakasih, anda juga bisa menambahkan harapan-harapan dari anda sebagai penulis bahkan saran ataupun kritik dan manfaat dari penulisan pun bisa anda sampaikan ketika membuatnya.

Satu hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan kata pengantar adalah pastikan anda menyusun kata pengantar tersebut dengan rapi dan teratur. Tidak hanya itu, pastikan juga anda memilih dan menggunakan tata bahasa yang baik dan benar agar pembaca lebih mudah membaca dan mengerti makna yang ada dalam kata pengantar anda.

Baca Artikel Lain : Pengertian Teks Prosedur

Contoh Kata Pengantar yang Baik

Nah, untuk lebih lengkapnya berikut akan kami berikan beberapa contoh kata pengantar yang sering di cari oleh kebanyakan orang untuk penulisan karya ilmiahnya.

Contoh Kata Pengantar Makalah

Puji dan syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga penulis bisa menyelesaikan makalah yang berjudul "Contoh Kata Pengantar Makalah Yang Baik dan Benar". Atas dukungan moral dan materil yang diberikan dalam penyusunan makalah ini, maka penulis juga  mengucapkan banyak terima kasih kepada :

1.    Bapak Putro, M.Pd, selaku kepala sekolah Westbatavia, yang memberikan bimbingan, saran, ide dan kesempatan untuk menggunakan fasilitas Laboratorium Bahasa.
2.    Bapak Usman, M.Pd, selaku guru Pembimbing kami, yang memberikan dorongan, masukan kepada penulis.
3.    Ibu Mega, M.Pd, selaku wali kelas kami, yang banyak memberikan materi pendukung, masukan, bimbingan kepada penulis.

Penulis menyadari bahwa makalah ini belumlah sempurna, karena manusia tidak pernah luput dari salah. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun dari rekan-rekan sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan makalah yang penulis buat ini.
Bandung 20 Oktober 2018
       
        Penulis


Contoh Kata Pengantar Skripsi

Puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan kasih dan sayang-Nya kepada kita semua, sehingga penulis bisa menyelesaikan skripsi dengan tepat waktu dengan Judul “Penelitian Contoh Kata Pengantar Skripsi yang Baik”.

Tujuan dari penyusunan skripsi ini guna memenuhi salah satu syarat untuk bisa menempuh Ujian Sarjana Pendidikan pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Negeri Surabaya.

Selain itu, penulis juga menyampaikan banyak terimakasih kepada banyak pihak yang sangat membantu dalam banyak hal. Disini penulis sampaikan rasa terima kasih sedalam-dalamnya kepada:

1.    Bapak  Dr.  Margono, M.M,  Selaku Dekan  Fakultas  Keguruan  dan  Ilmu Pendidikan  Universitas  Sebelas  Maret  Surakarta (FKIP UNS) yang  telah  memberikan  ijin penelitian.
2.    Ibu Dra. Sri Muriani, M.Si, Selaku Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya yang telah menyetujui permohonan penyusunan Skripsi.
3.    Ibu Dra. Rini Budihartini, M.Pd,  Selaku  Ketua  Program  Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.
4.    Ibu Dra. Siti Aminah, M.Pd, Selaku Koordinator Skripsi Program  Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.
5.    Bapak  Drs.  Edy  Widodo,  M.Pd,  Selaku  Dosen  Pembimbing  I  yang  telah membimbing dalam penyusunan Skripsi ini hingga selesai.
6.    Bapak  Drs.  Darto,  selaku  Dosen  Pembimbing  II  yang  telah  membimbing dalam penyusunan Skripsi ini hingga selesai.
7.    Orang tua tercinta yang telah banyak memberikan doa dan dukungan kepada penulis secara moril maupun materil hingga skripsi ini dapat selesai dengan baik dan tepat waktu.
8.    Kakak dan adik tercinta juga anggota keluarga dan kerabat yang senatiasa memberikan doa dan dukungan semangat yang luar biasa kepada penulis.
9.    Sahabat dan rekan seperjuangan tercinta yang tiada henti memberi dukungan dan motivasi yang luar biasakepada penulis.
10.    Semua pihak yang telah banyak membantu dalam penyusunan skripsi ini yang tidak bisa penulis sebutkan semuanya satu persatu.

Penulis menyadari bahwa makalah ini belumlah sempurna, karena manusia tidak pernah luput dari salah. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun dari rekan-rekan sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan makalah yang penulis buat ini.
Surakarta, 1 Juni 2008

    Penulis

Itulah beberapa contoh kata pengantar makalah dan contoh kata pengantar skripsi yang baik dan benar. Anda bisa menjadikannya sebagai kata pengantar karya ilmiah anda yang lainnya. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Kata Pengantar Makalah dan Skripsi yang Baik dan Benar, Mahasiswa Wajib Tahu!"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel