Pengertian Majas Sinekdoke, Jenis, Macam dan Contohnya

Dalam mata pelajaran atau mata kuliah Bahasa Indonesia, kita akan dihadapkan pada materi tentang majas. Nah, ternyata ada banyak sekali macam-macam majas dalam sastra Indonesia misalnya seperti majas sindiran, majas klimaks, majas retorik, majas sarkasme, majas pertentangan, dan lain sebagainya.

Pengertian Majas Sinekdoke, Jenis, Macam dan Contohnya

Setelah sebelumnya kita sudah membahas mengenai majas sinestesia, pada kesempatan kali ini kami akan mengajak Anda untuk membahas salah satu jenis majas yang juga sering digunakan dalam Bahasa Indonesia.

Ya, ia adalah majas sinekdoke. Pada artikel kali ini kami akan memberikan penjelasan secara khusus tentang pengertian majas sinekdoke hingga  jenis jenis majas sinekdoke sampai contoh majas sinekdoke.

Langsung saja mari kita bahas mengenai majas sinekdoke pada pembahasan dan ulasan artikel berikut ini.

Pengertian Majas Sinekdoke

Pertama Anda harus tahu terlebih dahulu pengertian majas sinekdoke, sebenarnya apa itu majas sinekdoke?Sebenarnya pengertian tentang majas sinekdoke sudah dijelaskan pada saat kita duduk di bangku sekolah dalam materi pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini karena majas sinekdoke sendiri merupakan materi wajib yang harus disampaikan ketika di bangku sekolah.

Jadi, seharusnya Anda sudah sedikit banyak tahu tentang pengertian majas sinekdoke ini. Namun, walaupun demikian tidak menutup kemungkinan juga jika beberapa dari Anda ada yang lupa atau belum paham sepenuhnya dan secara menyeluruh tentang majas sinekdoke ini.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskannya kembali kepada Anda tentang majas sinekdoke dan juga jenis jenis majas sinekdoke yang ada dalam sastra bahasa Indonesia.

Jadi, majas sinekdoke itu sendiri merupakan salah satu jenis majas yang memiliki gaya bahasa atau majas yang menyampaikan setengah bagian untuk menerangkan semua makna atau sebaliknya, menyampaikan keseluruhan untuk menerangkan setengah bagian makna.

Jenis Majas Sinekdoke

Sekarang Anda sudah tahu kan pengertian majas sinekdoke? Namun, tidak sampai disitu saja ternyata majas sinekdoke itu sendiri juga dibagi menjadi beberapa jenis lagi. Ada 2 jenis majas sinekdoke yakni  majas sinekdoke pars pro toto dan majas sinekdoke totem pro parte.

Kedua majas sinekdoke tersebut memiliki perbedaan, adapun perbedaan dari kedua jenis majas sinekdoke tersebut adalah sebagai berikut.

  • Majas Sinekdoke Pars Pro Toto

Jenis majas sinekdoke pars pro toto ini merupakan jenis majas sinekdoke yang menyebutkan setengah bagian untuk menggantikan semua.

  • Majas Sinekdoke Totem Pro Parte 

Sedangkan untuk majas sinekdoke totem pro parte itu sendiri merupakan salah satu jenis majas sinekdoke yang menyebutkan semua bagian untuk menyebutkan beberapa bagian.

Contoh Majas Sinekdoke Pars Pro Toto dan Majas Totem Pro Parte

Setelah Anda mengetahui tentang pengertian majas dan juga jenis majas yang terdiri dari majas sinekdoke pars pro toto dan majas sinekdoke totem pro parte. Selanjutnya kami akan membahas mengenai contoh majas sinekdoke agar Anda lebih mengerti lagi perbedaan dari kedua jenis majas sinekdoke tersebut.

Sebenarnya contoh majas sinekdoke pars pro toto dan contoh majas sinekdoke totem pro parte ini sudah sering kita jumpai ketika melakukan komunikasi sehari-hari. Tidak hanya itu, contoh majas sinekdoke ini juga banyak kita temui dalam sebuah karya seni sastra seperti pantun, puisi, drama, sinetron, teater, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya pada kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk memberikan beberapa contoh majas litotes. Baik itu contoh majas sinekdoke pars pro toto ataupun contoh majas sinekdoke totem pro parte dalam suatu bentuk kalimat agar lebih jelas.

Langsung saja mari kita simak pembahasan contoh majas sinekdoke berikut ini. Dibawah ini adalah penjelasan dan pembahasan tentang  contoh majas sinekdoke pars pro toto dan contoh majas sinekdoke totem pro parte secara menyeluruh. Jadi, pastikan Anda menyimaknya secara seksama.



Contoh Majas Sinekdoke Pars Pro Toto

Pertama kami akan membahas mengenai beberapa contoh majas sinekdoke pars pro toto dalam suatu kalimat berikut ini.

  • Para peserta lomba yang berasal dari SMK 1 Bondowoso berhasil memenangi semua cabang olahraga pada acara pekan olahraga nasional yang diadakan di Jakarta.
  • Temanku adalah seorang penjual kue, ia menjual kue-kuenya  tersebut dengan cara menawarkan dari pintu ke pintu.
  • Sudah satu minggu lamanya Rani tidak memperlihatkan batang hidungnya.
  • Siapa sangka jika konser grup band papan atas tersebut memiliki tiket masuk dengan harga Rp. 100.000 per kepala.
  • Setidaknya ada sekitar ribuan tumbuhan di hutan setiap tahun terus mengalami penurunan dan semakin berkurang.
  • Warga korban tsunami di Palu kemarin harus rela angkat kaki dari rumah mereka masing-masing.
  • Penampilan Raisa yang sangat cantik dan meriah di konsernya itu  mampy menarik perhatian ribuan pasang mata.
  • Tak ku sangka wanita itu sudah berhasil mencuri hatiku hanya dengan senyuman manisnya.
  • Secarik surat telah datang diantarkan oleh pak pos berbaju orange itu. 
  • Suaranya yang bagaikan kicauan burung itulah yang ternyata sudah bisa meluluhkan hati ribuan penonton yang hadir.
  • Nikotin telah memangsa ribuan otak generasi emas yang ada di Indonesia.
  • Kakak membeli seekor unta untuk acara syukuran.


Contoh Majas Sinekdoke Totem Pro Parte

Setelah Anda tahu beberapa contoh majas sinekdoke pars pro toto, selanjutnya kami akan membahas mengenai beberapa contoh majas sinekdoke totem pro parte dalam suatu kalima berikut ini.

  • Negara Indonesia menjadi wakil dari Asia Tenggara dalam ajang kejuaraan bulu tangkis di tingkat internasional.
  • SMA 1 Bondowoso berhasil menjadi salah satu sekolah menengah kejuruan  terbaik di Jawa Timur tahun ini.
  • TNI AL adalah benteng pertahanan NKRI yang ada di wilayah lautan kepulauan Indonesia.
  • Manchester United berhasil mewakili Inggris dalam liga Champion Eropa beberapa tahun terakhir ini.
  • Keluarga Bangsawan adalah suatu keluarga yang paling dihormati di seluruh penjuru negara Indonesia.
  • Siapa sangka jika partai PDIP sudah kalah telak dalam pemilu legislatif tahun 2000 silam.
  • Tahun ini Lembaga Pelatihan Khusus bahasa Jepang saat ini sedang ramai-raminya membuka pendaftaran peserta baru, jadi jika Anda berminat segera daftarkan diri Anda sekarang!
  • Universitas Negeri Jember  telah berhasil menjadi Universitas terbaik selama dua tahun bertutut-turut (2017 - 2018).
  • Negara Afrika Selatan dan negara kita Indonesia sudah membuat sebuah perjanjian yang berhubungan dengan perpanjangan kontrak baru.
  • Noah mengadakan sebuah tour konser di beberapa kota di Singapura dan Malaysia.
  • Dalam beberapa hari kedepan Kompas TV akan mengadakan kompetisi Stand Up Comedy Indonesia.

Itu dia sedikit informasi dan penjelasan mengenai pengertian majas sinekdoke, jenis dan beberapa contoh majas sinekdoke majas sinekdoke pars pro toto dan majas sinekdoke totem pro parte dalam suatu kalimat yang dapat kami sampaikan.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu Anda semua untuk mengerjakan tugas sekolah ataupun tugas kuliah dan semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Majas Sinekdoke, Jenis, Macam dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel