Pengertian Akulturasi, Sinkretisme, Milenarisme dan Adaptasi secara Lengkap

Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai pengertian akulturasi, sinkretisme, milenarisme dan adaptasi yang biasanya akan Anda jumpai pada materi pelajaran sosiologi. Ya, materi sosiologi memang akan banyak mempelajari mengenai iljmu dalam dunia sosial dalam bermasyarakat.

Pengertian Akulturasi, Sinkretisme, Milenarisme dan Adaptasi

Di dalam suatu masyarakat kita akan menemukan beberapa macam budaya  baik budaya lokal ataupun kebudayaan yang bersifat global. Dalam kebudayaan secara global atau dalam sebuah interaksi antar budaya, kita seringkali mendengar kata akulturasi, sinkretisme, milenarisme, ataupun adaptasi.

Hal ini karena memang hubungan antar budaya ini menciptakan sebuah pengertian dari akulturasi, pengertian sinkretisme, pengertian milenarisme ataupun pengertian adaptasi antar budaya. Walaupun pada dasarnya kebudayaan yang ada di Indonesia ataupun dunia bisa berubah sesuai dengan proses evolusi kebudayaan, proses penyebaran budaya dengan menggunakan atau melakukan hubungan antar budaya serta sesuai dengan proses belajar mengenai budaya pada lingkup rakyat itu sendiri. Hal ini sesuai dengan pendapat dari seorang ahli yakni Koentjaraningrat.

Tidak hanya itu, menurut pendapat Koentjaraningrat ia menjelaskan bahwa masih ada beberapa inovasi yang akan ditimbulkan oleh adanya kesadaran warga dalam menghadapi setiap kekurangan menurut budayanya sendiri. Yang mana, hal inilah yang nantinya akan menjadi dasar terbentuknya penemuan baru terkait kebudayaan yang terdapat sehingga kebutuhan manusia dapat terpenuhi.

Walaupun demikian, terdapat juga beberapa inovasi yang berkaitan dengan masuknya budaya asing kedalam budaya masyarakat itu sendiri misalnya masyarakat Indonesia. Sehingga peran berdasarkan hubungan antar budaya tersebut sangat mayoritas dibandingkan dengan peran masyarakat setempat.

Pada artikel kali ini kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap maksud dan pengertian akulturasi, pengertian sinkretisme, pengertian milenarisme serta pengertian adaptasi dalam hubungan antar budaya terlebih lagi yang sudah terjadi di Indoneisa. Untuk informasi lebih lengkap dan lebih jelasnya langsung saja mari kita simak ulasannya pada pembahasan berikut ini.

Pengertian Akulturasi, Sinkretisme, Milenarisme serta Adaptasi

Setiap kelompok warga yang memiliki hubungan budaya yang tidak sinkron dan berbeda pada umumnya akan mengakibatkan dan menyebabkan adanya perilaku saling menghipnotis satu sama lain.

Bahkan tanpa kita sadari, kebudayaan sendiri sudah bercampur dengan kebudayaan asing hal ini memang tidak dipungkiri disebabkan oleh adanya kontak antar budaya yang dilakukan. Selain itu, masih ada faktor lain yang menyebabkan adanya pengambilan unsur budaya luar dalam kehidupan masyarakat sehari-sehari termasuk negara Indonesia itu sendiri.

Hal ini dikutip menurut pendapat dari Koentjaraningrat, faktor-faktor munculnya akulturasi, sinkretisme, milenarisme serta adaptasi berasal dari adanya penjajahan pada masa kolonialisme sebelumnya. Pada saat itu bahkan hingga saat ini, bangsa Indonesia tanpa disadari telah melakukan kontak antar budaya .

Secara tidak langsung hal inilah yang pada akhirnya menyebabkan dan mengakibatkan adanya dampak pada perkembangan budaya lokal. Nah, segala proses yang mempengaruhi bangsa Indonesia tadi itu dapat terjadi secara akulturasi, sinkretisme, milenarisme, ataupun melalui adaptasi.

Untuk lebih jelasnya berikut ini akan kami jelaskan mengenai pengertian  akulturasi, pengertian sinkretisme, pengertian milenarisme serta pengertian adaptasi secara lebih detail dan lengkap agar Anda semua bisa memahami apa yang dimaksud dari keempat istilah tersebut.

Pengertian Akulturasi

Pertama kami akan menjelaskan mengenai pengertian akulturasi. Akulturasi adalah suatu proses perubahan kebudayaan yang dilakukan dengan menyatukan budaya budaya yang memiliki perbedaan atau tidak sama.

Hal ini dapat disebut dengan munculnya kebudayaan baru. Munculnya kebudayaan baru tersebut terjadi dilator belakangi oleh adanya penyerapan unsur kebudayaan asing kedalam unsur kebudayaan eksklusif, walaupun pada umumnya hal tersebut tidak akan meninggalkan kebudayaan aslinya.

Contoh akulturasi yang ada dalam kehidupan masyrakat Indonesia antara lain misalnya kebudayaan Hindu yang terus berkembang pada wilayah Bali. Namun, meskipun kebudayaan Hindu masuk kedalam kebudayaan Bali, tetap saja hal tersebut tidak  menghilangkan kebudayaan Bali yg orisinil secara permanen. Bahkan hal tersebut malah akan membuat terciptanya kebudayaan baru yang asal dari peleburan kebudayaan Hindu dengan kebudayaan Bali.

Pengertian Sinkretisme

Selanjutnya kami akan menjelaskan mengenai pengertian sinkretisme . Jadi, pengertian sinkretisme itu sendiri merupakan proses bertemunya dua kebudayaan yang memiliki perbedaan dalam hal unsur, namun tetap tidak menghilangkan unsur budayanya masing masing.

Jika dibandingkan dengan cara akulturasi, perubahan budaya secara sinkretisme tidak sinkron jika dilakukan dengan menggunakan cara akulturasi. Suatu hal yang membedakan antara sinkretisme serta akulturasi yaitu sinkretisme akan mengakibatkan adanya kebudayaan baru  melainkan masih ada penyesuaian dalam kebudayaan yang usang atau kebudayaan lama.

Contoh real dari proses sinkretisme adalah Siwa Budha yaitu ajaran kepercayaan pada masa Kerajaan Majapahit. Yang mana pada saat itu ajaran Siwa di implementasikan dengan menggunakan ajaran Budha yang mempunyai cita-cita keras untuk saling bersatu tanpa wajib membentuk kebudayaan yang baru.

Pengertian Milenarisme

Selanjutnya kami akan bahas mengenai pengertian milenarisme yang juga merupakan suatu hal yang berkaitan dengan sinkretisme dan akulturasi. Pertama kami akan jelaskan mengenai pengertian mileniarisme terlebih dahulu. Jadi, pengertian milenarisme itu sendiri merupakan suatu gerakan yang ada di dalam masyarakat yang tercipta atas kepercayaan dari warga masyarakat akan pembebasan orang dari semua kesengsaraan serta penderitaaan.

Cara pembebasan ini dilakukan melalui mediator seorang tokoh. Istilah lain dari kata milenarisme juga dapat diklaim sebagai Mesianisme. Coontoh nyata dari milenarisme dalam suatu kehidupan bermasyarakat contohnya misalnya kepercayaan masyarakat akan kedatangan Ratu Adil yang ada di pulau Jawa.

Pengertian Adaptasi

Terakhir istilah dan suatu hal yang juga sangat berkaitan erat dalam kehidupan masyarakat adalah adaptasi. Pengertian adaptasi itu sendiri yakni merupakan suatu proses perubahan kebudayaan dalam lingkungannya masing masing. Proses terjadinya adaptasi dalam kehidupan bermasyarakat itu sendiri dapat dibagi menjadi beberapa jenis yakni sebagai berikut.

  • Adaptasi Evolusioner 

Adaptasi evolusioner merupakan suatu proses perubahan kebudayaan masyarakat yang pada umumnya terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama mulai dari taraf yg tinggi menuju taraf yang rendah.

  • Adaptasi Konvergensi 

Adaptasi konvergensi adalah suatu proses adaptasi kebudayaan yang terjadi antar beberapa bangsa dengan di latarbelakangi oleh kebudayaan yang tidak sama tetapi syarat lingkungannya sama.

  • Evolusi Paralel 

Selanjutnya pengertian dari jenis adaptasi evolusi parallel merupakan suatu perkembangan adaptasi dimana latarbelakang kebudayaannya hampir sama dan mempunyai syarat lingkungan yang sama juga.

  • Cultur Area

Sedangkan kultur area dalam adaptasi di kehidupan masyarakat merupakan adonan berdasarkan kebudayaan beberapa suku bangsa menggunakan unsur yang sama sehingga bisa mempunyai arti yang jelas. Secara umum penggabungan dari kebudayaan ini dilakukan oleh para ahli antropologi.

  • Pola Adaptasi Kebudayaan

Terakhir adalah pola adaptasi kebudayaan yakni suatu pola adaptasi warga daerah tertentu untuk melindungi kelangsungan tempat tinggalnya supaya dapat bertahan hidup dalam situasi dan kondisi dalam daerah tadi.

Itu dia informasi mengenai pengertian akulturasi, sinkretisme, milenarisme dan adaptasi dalam kehidupan bermasyarakat. Sekian ulasan informasi tentang pengertian akulturasi, pengertian sinkretisme, pengertian milenarisme dan pengertian adaptasi secara lengkap. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda semua. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Akulturasi, Sinkretisme, Milenarisme dan Adaptasi secara Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel